Salah satu anggota Polsek Kunduran saat melakukan Swab Test, di Puskesmas Kunduran. Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID)– Setidaknya 33 anggota Polsek Kunduran, Blora, melakukan Swab Test, yang digelar Puskesmas Kunduran, Senin (23/11/2020).

Kegiatan ini dilakukan untuk antisipasi klaster baru covid-19 dalam Pilkada 2020. Ini juga sesuai dengan peraturan KPU, yakni petugas Kepolisian yang dilibatkan dalam pengamanan harus melaksanakan Swab Test, dan dinyatakan negatif covid-19.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan SIK MHum melalui Kapolsek Kunduran Iptu Lilik Eko Sukaryono SH mengungkapkan, Swab Test akan dilakukan kepada seluruh anggota Polres Blora yang dilibatkan dalam pengamanan Pilkada 2020, terutama saat tahapan pemungutan suara.

BACA JUGA : Polsek Jiken Gelar Patroli ‘Woro-Woro’, Antisipasi Keamanan dan Protokol Kesehatan

”Hari ini 33 anggota telah di Swab Test, dan untuk hasilnya akan dikeluarkan setidaknya tiga hari kemudian oleh Puskesmas Kunduran,” ucap Iptu Lilik di sela-sela kegiatan yang juga dihadiri Kepala Puskesmas Kunduran Surachman SKep MKes ini.

Ada pun pelaksanaan Swab Test anggota Polres Blora ini dilakukan, atas kerja samanya dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora. Dan untuk menghindari kerumunan, maka teknis pelaksanaan Swab Test digelar di wilayah Polsek masing masing, bekerja sama dengan Puskesmas setempat.

”Kita ingin menjaga Pilkada 2020 agar tetap aman. Selain aman dari gangguan Kamtibmas, juga aman dan bebas dari covid-19. Untuk itu, semua penyelenggara diwajibkan Swab Test, termasuk juga anggota Polri,” tandas Iptu Lilik lagi.

Swab Test dilakukan kepada seluruh anggota Polsek Kunduran, jelang penyelenggaraan Pilkada 2020, pada 9 Desember mendatang. Foto: wahono

Perwira Polri yang juga pembina SSB Bhayangkara FC Polres Blora ini menambahkan, dirinya telah berpesan khusus kepada para anggotanya, agar tak bosan dalam mengajak warga membiasakan disiplin protokol kesehatan, guna antisipasi covid-19. Terutama saat pelaksanaan Pilkada.

”Kita tak bosan untuk mengimbau anggota kami, agar selalu disiplin protokol kesehatan. Salah satunya dengan membiasakan 4M, mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker serta menghindari kerumuman,” pungkas Kapolsek Kunduran.

Wahono-Riyan