blank
Pasien Covid-19 yang terlama dirawat di RSUD KRT Soetjonegoro Wonosobo menerima sertifikat bebas virus Corona. (Foto : SB/Muharno Zarka)

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan RSUD KRT Soetjonegoro Wonosobo, dr Emy Hidayati mengungkapkan pasien positif covid-19 yang terlama dirawat di RSUD setempat, selama 61 hari.

“Pasien tersebut berasal dari Kaliwiro dan masuk kluster Kalimantan. Masih kategori anak-anak karena usianya baru 15 tahun. Melakukan swab lanjutan sampai 5 kali,” katanya.

Kini, sambungnya, yang bersangkutan alhamdulillah sudah sembuh dan dipulangkan. Selama dirawat di rumah sakit kondisinya juga cukup baik. Tidak pernah sampai ngedrop.

“Penderita Covid-19 yang masih kategori anak-anak tersebut, sudah dipulangkan bersama 15 pasien lainnya karena dinyatakan sembuh alias negatif dari paparan virus Corona,” tuturnya.

blank
Kepala Bagian Umum dan Humas RSUD KRT Soetjonegoro Wonosobo, Dibyo Astu Sigit Permana. (Foto : SB/Muharno Zarka)

Sudah Buka

Menurut dr Emy, kunci sembuh pasien positif covid-19 yang dirawat di RSUD KRT Soetjonegoro Wonosobo, selalu dalam keadaan sehat, karena daya imunitas tubuh pasien yang tetap terjaga dengan baik.

“Imunitas tersebut tetap terjaga karena ada asupan gizi dan vitamin yang tinggi setiap hari. Selain itu, pasien juga rutin melakukan olahraga dan ada layanan konsultasi psikologi,” tandasnya.

Kepala Bagian Umum dan Humas RSUD KRT Soetjonegoro, Dibyo Astu Sigit Permana menambahkan saat ini pasien umum yang dirawat di RSUD, sudah bisa dibesuk dan terbuka untuk umum, seperti sebelum pandemi covid-19.

“Selama Wonosobo masuk zona merah Covid-19, RSUD KRT Soetjonegoro memang sempat ditutup bagi pembesuk pasien umum. Jumlah pasien umum pun sempat menurun hingga 48 persen. Namun saat ini pasien umum sudah naik lagi menjadi 60 persen lebih,” tegasnya.

Muharno Zarka/mm