blank
PESTA RAKYAT - Acara Gebyar Budaya dan Pesta Rakyat Bolone Mase Tegal Raya. (Foto: Istimewa)

SLAWI (SUARABARU.ID) – Kendati sempat diwarnai turun hujan, namun acara Gebyar Budaya dan Pesta Rakyat Bolone Mase Tegal Raya di Taman Mabsidul Desa Bogares Kidul, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal berlangsung meriah, Jumat (26/4/2024) malam.

Kegiatan dalam rangka tasyakuran kemenangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka itu diwarnai dengan pementasan kuntulan, barongsai dan Ngaji Budaya bersama Ki Haryo Enthus Susmono.

Selain Gebyar Budaya, masyarakat yang hadir bisa menikmati makan gratis dari pelaku UMKM yang ada di sekitar acara seperti bakso, siomay, nasi goreng dan martabak dan jajanan lainnya.

Dalam prosesi tasyakuran juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Koordinator Nasional Relawan Bolone Mase, Kuat Hermawan Santoso yang didampingi Ketua Bolone Mase Tegal Raya, Dewi Ulfiyah.

Dalam keterangannya, Dewi mengatakan, Gebyar Budaya ini digelar dalam rangka tasyakuran atas hasil keputusan MK yang telah memenangkan Prabowo-Gibran. Kenapa harus gebyar budaya? Menurut Dewi, masyarakat Jawa apalagi Tegal merupakan tlatah budayanya kental.

“Kalau kita sebagai generasi muda tidak melestarikan budaya, siapa lagi. Ternasuk juga kita mengajak masyarakat makan bersama dengan gratis dari pelaku UMKM di sini,” ujar Dewi.

Sementara itu, Kuat Hermawan mengapresiasi acara Gebyar Budaya yang digelar oleh relawan Bolone Mase Tegal Raya. “Wilayah Kabupaten dan Kota Tegal merupakan salah satu penyumbang suara terbesar di Jawa Tengah,” kata Kuat.

Dalam kesempatan ini, Kuat juga menyampaikan ucapan terima kasih selama perjalanan kampanye relawan Bolone Mase, masyarakat Tegal berjalan tertib dan aman. “Tidak saling mencaci di medsos, tidak saling menghina, pakai sepeda motor waktu kampanye juga sopan. Alhamdulillah laporan kampenye Bolone Mase berjalan aman tertib dan lancar,” tandasnya.

Sutrisno