blank
Calon jemaah haji Jepara ikuti Senam Haji serentak seluruh Indonesia,

JEPARA (SUARABARU.ID) – KUA Kecamatan Se Kabupaten Jepara, telah melaksanakan launching Senam Haji secara serentak kepada calon  jemaah haji Jepara di wilayah kecamatan masing masing, Minggu ( 28/4/2024). Kegiatan  ini  menjadi bagian dari pemantapan bimbingan manasik Jemaah Haji di tingkat Kecamatan.

Kegiatan sudah berjalan sejak tanggal 25 April 2024 lalu dengan sukses, ditambah lagi diselenggarakannya launching Senam Haji serentak diseluruh Indonesia, Ini  sebagai upaya pemerintah untuk menjaga kesehatan para jemaah  sepanjang prosesi Haji.

blank
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Akhsan Muhyiddin saat membuka senam haji serentak di Welahan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Akhsan Muhyiddin  menghimbau seluruh jajarannya utamanya kepada Kasi PHU, Kepala KUA Kecamatan  dan petugas Haji untuk mendukung dan mensukseskan launching jemaah haji hari ini. “ Selain  bertujuan untuk menjaga  kebugaran fisik jemaah sekaligus untuk memastikan para petugas siap secara fisik untuk melayani jemaah,” ujarnya

Saat membuka senam haji di Welahan,  Akhsan Muhyiddin  berharap dengan adanya senam ini, jemaah dapat tetap bugar dan sehat sepanjang prosesi penyelenggaraan ibadah haji, dan PPIH siap memberikan perhatian penuh kepada jemaahnya.

blank
Senam haji serentak di Welahan

Sementara Kasi PHU Siti Zuliyanti menambahkan, selain jemaah, kesehatan petugas juga menjadi perhatian. “ Diharapkan semua petugas haji, kompak saling membantu dan tetap menjaga kesehatannya,” ungkas  Yuliati

Sebelumnya Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara, Akhsan Mukhyiddin melaporkan, sebanyak 1.414 jemaah calon haji Kabupaten Jepara diperkirakan akan mulai berangkat ke tanah suci pada 30-31 Mei 2024. Dari jumlah tersebut, sebanyak 318 orang merupakan lanjut usia (lansia).

blank
Kasi PHU Siti Zuliyanti saat memberikan penjelasan di senam haji serentak di Welahan

Ia menjelaskan, jumlah tersebut juga sudah termasuk petugas yang akan mendampingi selama pelaksanaan ibadah haji di tanah suci yaitu Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIHU) dan Petugas Haji Daerah (PHD).

Akhsan Muhyiddin menambahkan, ada 614 calon jemaah haji laki-laki dan 800 jemaah haji perempuan. Dengan calon jemaah haji tertua berumur 98 tanun dari Cepogo kembang dan termuda umur 19 tahun ‘’ Jamaah yang berusia di atas 61 tahun  ada 466 Orang, sehingga petugas  haji harus siap bekerja maksimal dalam  pelayanan haji tahun 2024’’ ujar Kankemenag

Hadepe

blank