PANGKAS POHON: Petugas PLN UP3 Pekalongan, saat melakukan pemeliharaan pasokan listrik dengan melakukan pemangkasan pohon, yang bisa mengganggu distribusi listrik. Foto: antara

PEKALONGAN (SUARABARU.ID)– Menjaga pasokan listrik tetap stabil sekaligus kontinuitas perawatan dan menekan adanya gangguan distribusi, terus menjadi komitmen PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekalongan.

”Di antara upaya yang dilakukan PLN untuk menjaga pasokan listrik adalah, dengan rutin melaksanakan pemeliharaan jaringan listrik,” kata Manajer PLN UP3 Pekalongan, Joko Hadi Widayat di Pekalongan, Sabtu (20/6/2020).

Dia menyatakan, seluruh jaringan listrik di wilayah kerja UP3 Pekalongan, akan dilakukan proses pemeliharaan jaringan, yang terdiri dari beberapa kegiatan. Seperti penggantian peralatan dan material yang telah usang, penggantian tiang dan peninggian andongan kabel yang rendah, serta menjaga jarak aman jaringan dari pohon dengan kegiatan perabasan.

BACA JUGA : Bhayangkari Batang Bagikan Paket Sembako

Ada pun pada kegiatan pemotongan pohon, PLN bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) setempat, agar hasil pemotongan pohon aman, dan tetap memenuhi kaidah estetika tata kota.

”Selain melakukan pemeliharaan rutin, PLN juga fokus pada keselamatan ketenagalistrikan, baik bagi petugas maupun masyarakat. Tentunya dalam melakukan kegiatan pemeliharaan, kita harus memperhatikan keselamatan petugas pelaksana dan keamanan masyarakat,” jelas dia.

Joko menambahkan, PLN selalu memastikan petugas taat mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP), dalam menjalankan tugasnya dan melakukan sosialisasi keselamatan ketenagalistrikan. Sosialisasi bisa melalui media elektronik seperti talkshow di radio, dan juga edukasi melalui media sosial.

Petugas pelayanan PLN, juga rutin melakukan inspeksi ketenagalistrikan untuk menemukan potensi-potensi penyebab gangguan pasokan listrik. Selain itu juga, melakukan edukasi secara langsung, jika ditemukan aktivitas yang membahayakan di sekitar jaringan listrik.

”Kami berharap, melalui pemeliharaan jaringan serta doa kita bersama, PLN dapat memberikan pelayanan listrik yang andal. Jika pelanggan mengalami gangguan kelistrikan atau menemukan potensi bahaya listrik, kami imbau melaporkan melalui kontak pusat PLN 123, agar secepatnya ditindaklanjuti petugas,” katanya.

Ant-Riyan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini