blank
Warga Kampung Sruni Kota Kelurahan Wonosobo Timur Wonosobo belanja gratis di acara Jogo Tonggo pandemi Covid-19. (Foto : SB/Muharno Zarka)

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Ikhtiar untuk saling berbagi bersama di masa pandemi global Covid-19 menggema di mana-mana. Semua dilakukan sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap warga yang terdampak langsung virus Corona.

Itu yang digelar warga RW 07 Kampung Sruni Kota Kelurahan Wonosobo Timur Wonosobo, Minggu (21/6). Pagi tadi di komplek kampung setempat, diselenggarakan acara “Jogo Tonggo” dengan agenda belanja gratis sembako untuk warga terdampak pandemi global Covid-19.

Ketua RW 07 Kampung Sruni Kota Solahudin HS menyatakan sebagian besar warganya berprofesi sebagai pedagang. Sehingga, karena kondisi pasar sepi dan tidak ada keramaian di tempat umum, pedagang jadi sepi pembeli dan pendapatanya berkurang.

“Saya berharap dengan kegiatan Jogo Tonggo berupa belanja gratis sembako, bisa meringankan beban kebutuhan sehari-hari warga setempat, selama wabah virus Corona belum berakhir. Kegiatan Jogo Tonggo merupakan agenda dari warga untuk warga,” tegasnya.

blank
Sejumlah penjaga stand belanja gratis Jogo Tonggo di Kampung Sruni Kota Wonosobo Timur Wonosobo foto bersama. (Foto : SB/Muharno Zarka)

Sediakan Sembako

Menurut pria yang juga berprofesi sebagai Guru Olah Raga MAN 1 Wonosobo itu, barang yang disediakan dalam belanja gratis berupa sembako yang terdiri sayur-mayur, lauk-pauk dan aneka bumbu masakan. Ke depan akan dijajakan bermacam buah-buahan.

“Kegiatan Jogo Tonggo insya Allah akan dilakukan seminggu sekali selama wabah virus Corona masih berlangsung. Dana belanja gratis berasal dari iuran warga setempat,” sebutnya.

Belanja sembako gratis Jogo Tonggo dihadiri Kepala Kelurahan Wonosobo Timur, Endang Istiana. Pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif dari warga untuk warga dalam menggelar kegiatan bakti sosial tersebut. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi warga terdampak ekonomi Covid-19.

“Saya meminta warga untuk tetap menjalankan protokol kesehatan demi menangkal ancaman virus Corona. Selalu pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan, konsumsi makanan bergizi, jaga kebersihan diri dan lingkungan,” ajaknya.

Muharno Zarka/mm