blank

SALATIGA (SUARABARU.ID)– Wali Kota Salatiga Yuliyanto memberikan kabar menggembirakan terkait pasien positif covid-19 asal Salatiga yang tengah dirawat di RSUP Dokter  Kariadi Semarang. “Alhamdulillah, sudah lewat masa inkubasi,” kata Wali Kota, Sabtu (4/4).Saat ini, yang bersangkutan berprofesi sebagai Dosen di UKSW tersebut menunjukkan tanda-tanda membaik. “Masih dirawat mudah-mudahan lekas sembuh,” ujarnya.

blank
Wali Kota Salatiga Yuliyanto. Foto: Ist

Sebelumnya, seorang warga Salatiga sepulang dari Amerika dinyatakan positif covid-19. Beberapa orang yang sempat menjalani kontak langsung dengan pasien pun telah diminta mengisolasi diri selama 14 hari.

Terkait perawatan Pesien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) Kota Salatiga Pemkot Salatiga mengalokasi anggaran Rp 10 miliar.  Yuliyanto menuturkan, Pemerintah Kota Salatiga telah menyiapkan jaminan pembiayaan perawatan pasien penyakit infeksi COVID-19.

Ia menyadari, jika perawatan Covid-19 tidak dibiayai oleh BPJS.

“Sepanjang tidak mendapatkan jaminan pembiayaan dr kementrian kesehatan atau pemerintah propinsi meliputi OTG, ODP dan PDP, kita Pemkot Salatiga telah menyiapkan jaminan pembiayaan perawatan pasien penyakit infeksi COVID-19,” kata Yuliyanto.

Nantinya, dana tersebut dianggarkan melalui Dinas Kesehatan Kota yang bersumber dari dana APBD Kota. Sementara, perkembangan data penanganan Covid-19 di Salatiga tercatat pada tanggal 4 April 2020 yakni Positif Covid-19 terdapat 1 orang, PDP sebanyak 2 orang, ODP ada 115 orang dan OTG sebanyak 61 orang.

Nena – trs