Sejumlah atlet yang datang dari enam Karesidenan Semarang, mengikuti upacara pembukaan Popda tingkat SLTA. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)- Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Tingkat Karesidenan Semarang 2024, berlangsung di Kabupaten Demak. Popda dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Demak, Ali Makhsun, di GOR Sultan Fatah, Komplek Sport Center, Minggu (21/4/2024) malam.

Ajang bergengsi tingkat pelajar SLTA sederajat ini, akan berlangsung enam hari, Senin-Sabtu (22-27/2024). Ajang ini diikuti atlet pelajar dari enam Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, seperti Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga, Kabupaten Demak, dan Grobogan.

Wabup Demak, Ali Makhsun, dalam sambutanya menegaskan, pentingnya penerapan nilai-nilai fairplay, menghargai satu sama lain, dan menjaga sportivitas di antara para atlet muda yang berpartisipasi.

BACA JUGA: 126 CPNS Penjaga Tahanan Jalani Orientasi, Siap Ditugaskan di UPT Wilayah Jateng

Ali Makhsun memukul gong, sebagai tanda dibukanya Popda Tingkat Karesidenan Semarang 2024, yang berlangsung di GOR Sultan Fatah, Komplek Sport Center, Kabupaten Demak, Minggu (21/4/2024) malam. Foto: rudy

”Popda bukan sekadar arena kompetisi, tapi juga merupakan wahana penting untuk pengembangan minat dan bakat, serta pembinaan karakter pemuda,” kata Wabup.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Demak, Muh Ridhodin, dalam laporannya menyampaikan, pentingnya pembangunan komitmen dan sportivitas di antara para peserta.

Menurut dia, ajang ini untuk menyamakan persepsi membangun prestasi olahraga di tingkat Karesidenan semarang. Sebagai tuan rumah, pihaknya akan memberikan yang terbaik bagi duta-duta olahraga itu.

BACA JUGA: Senkom Mitra Polri Apresiasi Kapolda Jateng, Siap Bantu Menjaga Kamtibmas

”Semoga ada hasil optimal yang didapat, sehingga para atlet yang mewakili Karesidenan Semarang bisa menuju Popda tingkat Provinsi Jateng, dan mendapat prestasi yang membanggakan,” imbuh dia.

Dalam event ini, ada sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan. Dengan beberapa venue yang digunakan, seperti GOR Kalijaga di Sport Center untuk voli indoor, bulu tangkis, basket, dan sepak takraw.

Kemudian Stadion Sultan Fatah untuk cabor sepak bola, lalu GOR Polres Lama untuk Taekwondo, GOR Mangunjiwan untuk Karate dan Pencak Silat, serta GOR Manunggal Jati di Kota Semarang untuk voli pasir.

Rudy Rian