blank
PLTU Tanjung Jati B

JEPARA (SUARABARU.ID) – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B berhasil menyediakan pasokan listrik yang andal selama periode siaga Ramadhan 1445 H dan Idul Fitri 1445 H yang berlangsung sejak 3 April hingga 19 April 2024. Berkat kesiapan operasional yang matang, keempat unit pembangkit dapat dioperasikan dengan kinerja prima selama periode krusial tersebut.

blank

General Manager PLN UIK Tanjung Jati B, Dony Ocniza, mengungkapkan persiapan dini telah dilakukan jauh hari sebelumnya, seperti pemeliharaan periodik pada Unit 1 berkapasitas 650 MW. Pekerjaan pemeliharaan tersebut mencakup peremajaan pipa boiler, upgrade Electrostatic Precipitator (ESP), purifikasi transformator, inspeksi pipa intake, reverse engineering intake screen, hingga balancing turbin.

“Upaya pemeliharaan rutin sangat penting untuk menjaga kondisi pembangkit agar tetap sehat dan dapat beroperasi optimal saat puncak beban tiba,” terang Dony.

 

Selain pemeliharaan berkala, PLN UIK Tanjung Jati B juga mengoptimalkan ketersediaan cadangan seperti stok batubara, suku cadang, serta personel siaga 24 jam. Hal ini menjadi kunci agar pasokan listrik dapat dijamin keandalan dan keamanannya selama Ramadhan dan Idul Fitri lalu.

“Alhamdulillah sistem kelistrikan di wilayah Jawa-Bali dapat kami pasok dengan baik selama periode krusial tersebut berkat kesiapan operasional yang sudah kami lakukan jauh-jauh hari,” ungkap Senior Manager Produksi PLN UIK Tanjung Jati B, Yudi Eka Setiawan.

blank

Dengan total kapasitas 2.640 MW yang dihasilkan dari 4 unit pembangkit, PLN UIK Tanjung Jati B merupakan tulang punggung kelistrikan Pulau Jawa-Bali. Kontribusinya sangat vital dalam memenuhi lonjakan kebutuhan energi listrik saat bulan puasa dan lebaran, sebesar 11% kebutuhan tenaga listrik terutama di sistem Jawa, Madura, Bali

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan terbaik bagi masyarakat dengan menjaga keandalan dan keamanan pasokan listrik, terutama di masa-masa puncak beban,” pungkas Yudi.

blank

Keberhasilan PLN UIK Tanjung Jati B dalam menjaga kontinuitas pasokan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H ini semakin membuktikan komitmen PLN sebagai perusahaan penyedia tenaga listrik terkemuka. Dengan mengutamakan layanan prima dan kesiapan operasional terbaik, masyarakat dapat merasakan manfaat keandalan listrik tanpa gangguan di momen-momen penting.

Hadepe