blank
Pembukaan Pekan Olahraga Pemasyarakatan memperingati HBP ke-60 ditandai dengan pelepasan balon. Foto: Dok/Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pembukaan Pekan Olahraga Pemasyarakatan memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 ditandai dengan pelepasan balon di Lapangan Tenis Lapas Semarang, Senin (22/4/2024).

Kegiatan Pekan Olahraga Pemasyarakatan ini akan digelar dari tanggal 22 hingga 26 April 2024.

Kepala Bidang Keamanan dan Tata Tertib, Andreas Wisnu Saputro selaku Plh. Kalapas Semarang menyebut, Pekan Olahraga Pemasyarakatan yang dilaksanakan bukan sekedar formalitas belaka, melainkan sebagai ajang memupuk kebersamaan, sportifitas, dan bakat para warga binaan, termasuk petugas.

“Kegiatan olahraga merupakan kegiatan positif yang berguna dalam membangun kembali semangat dan motivasi bagi warga binaan pemasyarakatan maupun petugas Lapas. Mari kita jaga keamanan dan kenyamanan pelaksanaan Pekan Olahraga Pemasyarakatan dari gangguan keamanan dan ketertiban, sehingga kegiatan berjalan kondusif,” kata Andreas.

Andreas pada kesempatan tersebut juga memberikan piagam penghargaan kepada pegawai teladan bulan Maret yang berhasil menggagalkan penyelundupan barang terlarang melalui layanan kunjungan.

“Pemberian piagam penghargaan ini diharapkan bisa menjadi pemicu semangat bagi para pegawai lain untuk mengimplementasikan 3 kunci pemasyarakatan maju back to basic, dengan tetap waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi, serta menerapkan SOP yang berlaku,” ujar Wisnu.

Sementara itu untuk cabang olahraga yang dilombakan dalam Pekan Olahraga Pemasyarakatan diantaranya futsal, tenis meja, dan catur. Sedangkan untuk membina dan mengapresiasi bakat warga binaan dalam bernyanyi, Lapas Semarang juga mengadakan lomba menyanyi antar warga binaan.

Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan hiburan dan kesempatan bagi narapidana untuk terlibat dalam kegiatan positif. “Semoga peringatan HBP ke-60 ini tidak hanya menjadi momentum merayakan, tetapi juga merefleksikan nilai dan peran dari pemasyarakatan itu sendiri,” tukasnya.

Ning S