blank
126 CPNS penjaga tahanan jalani orientasi di Rutan Semarang. Foto: Dok/Humas (22/4/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 126 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi penjaga tahanan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah resmi menjalankan tugasnya sebagai tunas pengayoman, Senin (22/4/2022).

Selama 5 hari ke depan, CPNS yang terdiri dari 114 orang pria dan 12 orang wanita itu menjalani orientasi di Kanwil sebelum ditempatkan di satuan kerjanya masing-masing.

Tercatat 50 Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan (UPT) di Jateng akan menjadi labuan pengabdian mereka.

Kakanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto menegaskan bahwa mulai hari ini mereka sudah memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kita semua termasuk saya dituntut performen yang profesional, yang ujungnya merupakan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Selanjutnya seluruh CPNS dikumpulkan di Rumah Tahanan Negara Kelas I Semarang yang terletak di sebelah Kanwil untuk mengenyam materi Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Karutan, Eddy Junaedi pada kesempatan tersebut memperkenalkan tugas dan fungsi satker pimpinannya, serta para pejabat di dalamnya. Ia mengajak seluruh CPNS bersyukur atas pencapaian mereka hingga berhasil sampai di titik ini.

“Nanti kalian sampai rumah, merenung, minta petunjuk dan bimbingan kepada Tuhan, agar bisa menjadi petugas Lapas yang baik,” kata Eddy.

Dalam 5 hari ke depan, selain PBB mereka akan mendapatkan pembekalan tugas dan fungsi dari pimpinan tinggi, dan juga pejabat terkait dari seluruh divisi.

Ning S