blank
Sejumlah pengurus PMI Cabang Wonosobo melakukan melakukan dialog bersama Dandim 0707 Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat terkait pelaksanaan Bulan Dana PMI 2020. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Wonosobo Drs H M Muhson MM menargetkan peroleh dana PMI di tahun 2020 ini bisa mencapai Rp 1,5 miliar.

Target sebanyak itu naik dari perolehan tahun 2019 yang mencapai 1,25 miliar.

“Target perolehan dana sebesar itu, akan dimanfaatkan untuk kesiapsiagaan penanganan bencana, pelayanan sosial-kesehatan dan transfusi darah. Kebutuhan darah di Wonosobo cukup tinggi sehingga dibutuhkan pendonor darah yang banyak,” katanya, Kamis (5/3).

Selain itu, imbuhnya, dana PMI juga akan dimanfaatkan untuk pembinaan generasi muda secara terencana, baik melalui Palang Merah Remaja (PMR), Korps Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR) dan Pendonor Darah Sukarela(PDS).

Menurut H M Muhson salah satu sumber dana yang diperoleh PMI untuk membiayai pelaksanaan tugas operasional PMI. Sumber pendapatan utama PMI adalah melalui gerakan Bulan Dana PMI yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Keberhasilan Bulan dana PMI terletak pada dukungan masyarkat dan berbagai pihak sebagai sumber pendapatan utama untuk menjalankan roda organisasi dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan PMI. PMI hadir untuk masyarakat,” tandasnya.

Tugas Kemanusiaan

Ketua PMI Cabang Wonosobo H M Muhson meminta Dandim 0707 setempat Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat untuk menjadi Ketua Bulan Dana PMI 2020 ini. Orang nomer satu di Kodim 0707 tersebut selama ini punya jaringan yang luas dan punya semangat tinggi.

“Dibawah komando Dandim 0707 target perolehan Bulan Dana PMI Rp 1,5 insya Allah akan tercapai. Sebab apabila gerakan penggalangan dana PMI dipimpin Dandim target selalu terpenuhi. Pencanangan Bulan Dana PMI akan dilakukan 11 Maret 2020,” sebutnya.

Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat menyatakan siap mengemban tugas menjadi Ketua Panitia Bulan Dana PMI di Wonosobo 2020. Tugas ini tugas sangat mulia karena merupakan gerakan kemanusiaan dan menyangkut kepentingan serta kebutuhan banyak orang.

“Saya siap membantu PMI. PMI Wonosobo selama ini telah ikut membantu pemerintah di bidang penanggulangan bencana dan pembinaan generasi muda. Suatu kehormatan dirinya ditunjuk menjadi Ketua Panitia Bulan Dana PMI,” akunya.

Pihaknya optimis dengan dukungan semua pihak dan koordinasi yang baik bersama instansi pemerintah dan masyarakat, kepanitiaan Bulan Dana PMI Wonosobo 2020 bisa meraih sukses. Dengan kerjasama yang kompak tugas kemanusiaan ini akan berjalan lancar.

Muharno Zarka-Wahyu