blank
Penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk pengamanan Pilkada 2024. Foto : SB/dok Prokompim

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sekretaris Daerah Wonosobo (Sekda) One Andang Wardoyo menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Kegiatan Pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo tahun 2024. Jumat (26/4/2024) di Pendopo Bupati setempat.

Penandatangan tersebut dilakukan antara Pemkab Wonosobo dengan TNI/Polri perihal pelaksanaan dana hibah pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Pilkada diharapkan bisa berlangsung demokratis, aman, lancar dan damai.

Penandatangan NPHD dihadiri oleh jajaran Forkompimda, Asisten Sekretariat Daerah , Staf Ahli, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan beberapa Kepala OPD divlingkup Pemkab Wonosobo.

Tujuan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) agar kegiatan KPU dan Bawaslu dalam rangka pelaksanaan Pilkada 2024 dapat berjalan lancar sesuai dengan tahapan yang telah ada.

Sejalan dengan itu, Sekda Andang mengajak masyarakat dan seluruh elemen untuk turut serta mensukseskan Pilkada 2024 yang dilakukan secara serentak itu. Aspek pengamanan Pilkada yang dilakukan TNI/Polri di lapangan sangat penting.

Peran Pengamanan

blank
Steakholder Pilkada foto bersama usai penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk pengamanan Pilkada 2024. Foto : SB/dok Prokompim

“Peran dan fungsi TNI dan Polri dalam menciptakan keamanan dan ketertiban Pilkada sangat penting. Karena itu, Pemkab Wonosobo mendukung sepenuhnya segala program dan TNI dan Polri yang berorientasi pada terwujudnya pranata kehidupan sosial masyarakat kondusif,” ungkap Sekda.

Lebih lanjut, dikatakan penyediaan dana hibah kegiatan Pilkada yang dibebankan pada APBD Kabupaten Wonsobo tahun 2024, untuk Polres Wonosobo total sebesar Rp 1,7 miliar dan Korem 072/Pamungkas adalah Rp 1,4 miliar.

“Untuk itu, dukungan ini saya harap diikuti dengan penggunaan dan pertanggungjawaban dana hibah yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga mampu memenuhi berbagai kebutuhan dalam penyelenggaraan pengamanan, sekaligus mampu mendorong kelancaran pelaksanaan Pilkada,” imbuh Andang.

Sekda berharap penandatangan NPHD antara Pemkab Wonosobo dengan Polres dan Korem 072/Pamungkas, mampu menguatkan komitmen semua untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024.

“Mari bersama-sama kawal dan jaga penyelenggaraan Pilkada 2024 agar berjalan aman, damai dan lancar. Bisa melahirkan pemimpin yang berkualitas dan berintegritas untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Muharno Zarka