MADRID (SUARABARU.ID) – Lini belakang yang kuat membuat Real Madrid nyaman memimpin klasemen sementara LaLiga (Liga Primer Spanyol). Los Blancos mengatasi tim sekota Atletico Madrid 1-0 di Santiago Bernabeu, Sabtu (1/2). Gol tunggal Si Putih dicetak Karim Benzema. Kini, El Real mengukir 21 laga tanpa kalah.

Dari 21 pertandingan, Sergio Ramos dan kolega memetik 16 kemenangan plus lima kali seri. Selain itu, ada 13 clean sheet dan gawang Thibaut Courtois cuma kebobolan sembilan kali. Di LaLiga, Madrid menjadi tim dengan catatan kecolongan paling sedikit, yakni 13 gol.

“Bertahan itu bergantung pada kami semua. Ketika kehilangan bola, kami bekerja secepatnya merebutnya kembali,” tutur Zinedine Zidane, pelatih El Real. Seiring mantapnya laju Los Blancos, peluang memenangi trebel pada akhir musim pun terbuka. Namun, Zidane enggan berpikir terlalu jauh.

“Kami tidak fokus pada hal itu. Musim ini masih panjang,” ungkap pria berkebangsaan Prancis ini. “Ada banyak pertandingan tersisa di liga, Copa del Rey, dan Liga Champions. Kami belum memenangi gelar-gelar itu,” imbuhnya.

Ramos dan kawan-kawan terus meningkat setelah gagal total pada musim 2018-2019. Si Putih masih bersaing di LaLiga, lolos ke perempat final Copa del Rey, dan menjejak 16 besar Liga Champions. Sementara itu, Ramos juga mencetak rekor dalam Derby Madrid. Bek tengah itu menjadi pemain yang masih aktif dengan penampilan terbanyak.

Ramos berhasil mencatatkan 42 penampilan, menyamai catatan sepanjang masa milik Francisco Gento dan Manolo Sanchis yang sudah gantung sepatu. Catatan itu dibuatnya dalam 15 musim berkostum Madrid. Rinciannya adalah 25 kali di LaLiga, tujuh kali (Copa del Rey), enam kali (Liga Champions), tiga kali (Piala Super Spanyol) , dan satu kali (Piala Super Eropa). (rr)