Bagikan
Isnaini Nurnaningsih, saat mengajari cara menggoreng onde-onde ketawa kepada para personel yang akan purnawirawan. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 57 anggota Polri dan PNS Polri di lingkungan Polres Grobogan diajari cara membuat onde-onde ketawa.

Pelatihan memasak onde-onde ketawa ini merupakan persiapan bagi 57 personel Polri dan PNS Polri yang hendak memasuki masa pensiun. Kegiatan ini digelar gayeng dengan mengundang instruktur yang berkompeten di bidang kuliner khas Grobogan, Isnaini Nurnaningsih dari KWT Pertangkas Mojoagung, Minggu (23/2/2020).

Bertempat di Aula Jananuraga, para peserta terlihat memperhatikan langjah-langkah pembuatan onde-onde ketawa ini. “Kami berikan pelatihan cara membuat onde-onde ketawa ini. Mereka sangat antusias saat saya berikan step demi step cara pembuatannya,” ungkap perempuan asal Mojoagung, Karangrayung ini.

Sementara itu, Wakapolres Grobogan, Kompol Dwi Hendro Pudiyanto menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk para personel yang hendak pensiun. Pihaknya berharap, dalam menghadapi masa pensiun mereka dapat mengembangkan aktivitas lebih produktif.

Pemateri dari Dinas Peternakan dan Perikanan Grobogan saat menjelaskan tentang kewirausahaan di bidang peternakan atau perikanan. Foto : Hana Eswe.

“Kami laksanakan kegiatan ini dengan maksud agar peserta dapat mengembangkan aktivitas yang lebih produktif pasca pensiun sesuai bakat melalui kegiatan kewirausahaan,” jelas Kompol Dwi Hendro.

Menurut Kompol Hendro, persepsi pensiun menjadi momok yang kerap dianggap menakutkan. Bila ini tidak dimanajemen dengan baik, maka berpotensi stress sebab penghasilan akan berkurang. Di sisi lain, kebutuhan cenderung meningkat.

“Bagi yang telah mempersiapkan secara baik untuk masa pensiun, maka masa pensiun adalah masa yang menyenangkan karena tidak terikat dinas dan memiliki banyak peluang. Namun, bagi yang belum siap menerima kenyataan maka masa menjelang pensiun harus ditata dan dipersiapkan secara baik,” jelasnya.

Para purnawirawan Polri sebaiknya harus membuat persiapan agar memanfaatkan waktu luang pasca pensiun. Persiapan tersebut bisa dilakukan dengan cara bertani, berkebun, memelihara ikan, beternak, usaha kecil-kecilan dengan memanfaatkan pekarangan atau wirausaha di bidang lainnya.

“Hal ini penting sebab setelah pensiun tetap menopang ekonomi rumah tangga. Pembekalan dan pelatihan pra-pensiun menjadi salah satu tawaran alternatif mempersiapkan diri menjelang pensiun dengan kegiatan produktif berbasis kewirausahaan sesuai dengan kultur dan kearifan iklim di Kabupaten Grobogan,” tambah Kompol Hendro.

Dalam pelatihan ini, Polres Grobogan menggandeng narasumber dari Disnakkan dan Dispertan Grobogan. Salah satunya Isnaini Nurnaningsih, yang diminta Dinas Pertanian Grobogan untuk mengajari para personel polisi ini.

Hana eswe-trs  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here