blank
Budi Santoso S.Sos, Ketua PWI Jepara periode 2020 -2023.

 

JEPARA (SUARABARU.ID) – S. Budi Santoso, S.Sos memang tipikal seorang jurnalis sejati. Sebab pria berambut panjang ini disamping memiliki jaringan luas, rekam jejak dan kompetensi sebagai jurnalis. Ia juga dikenal memiliki idealisme seorang wartawan serta selalu menjaga marwah jurnalis.

Karena itu wartawan Murianews.Com ini kembali terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jepara periode 2020 – 2023 dalam Konferensi PWI Jepara yang berlangsung Kamis ( 29/1-2020) di Serambi Belakang Rumah Dinas Bupati Jepara. Bersama pengurus yang lain, ia  telah dilantik  secara langsung oleh Ketua PWI Jateng Amir Mahmud Ns.

Karier jurnalistik Budi Santoso yang akrab dipanggil Erje memang cukup panjang. Bahkan saat ia masih kuliah di jurusan Jurnalistik Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Semarang, tulisannya telah banyak menghiasi Tabloid Cempaka, Koran Semarang dan Mimbar Demokrasi.

Honor tulisannya lumayan, bisa untuk
menambah uang saku dan mencukupi keperluannya sehari-hari. Bahkan cukup juga untuk mendukung kegiatan sebagai aktivis pecinta alam. Erje tergabung dalam organisasi Mahasiswa Komunikasi Pencinta Alam (Makupala) STIK Semarang.

Kecintaannya pada alam, membuat ia kerap kali melakukan penjelajahan alam atau pendakian gunung. Dalam aktivitas inilah Erje bertemu dengan  Rida Agustina, teman sekampus yang juga memiliki minat  sama, mencintai alam. Akhirnya mereka menikah selepas menyelesaikan studinya tahun 2000.  Rida Agustina S.Sos, kini menjadi ASN di Setda Jepara.

Monumen kecintaan pada alam kelak disematkan pada kedua putra-putri pasangan ini. Kedua anaknya diberi nama Rimba Rinjani dan Rimba Gede Pangrango. Keluarga ini juga memiliki tradisi refreshing dengan cara mendaki gunung bersama atau paling tidang camping.

Selepas menamatkan studinya, Budi Santoso bergabung  menjadi wartawan Harian Wawasan Semarang. Saat itu ada beberapa pilihan yang diajukan redaksi. Namun Erje memilih Jepara, sebab sebagai pecinta bola ia mengagumi Persijap yang kala itu prestasinya luar biasa.

Kecintaan pada bola juga mengantarkan pria yang juga pernah  menjadi Ketua RT selama 6 tahun di Desa Kuwasen ini terpilih untuk memperkuat tim sepak bola SIWO PWI Jateng dalam Kejurnas Tingkat Nasional

Disamping itu, kala ia menjadi ketua, PWI Jepara juga memiliki tim futsal yang memiliki sederetan prestasi dan ia menjadi salah satu pemain pilar. Pria kelahiran Semarang 16 April 1974 ini juga dipercaya menjadi pengurus Askab PSSI Jepara dan KONI.

Bahkan kini ia juga dipercaya menjadi Pengurus  BPD Desa Kuwasen. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua PWI Karesidenan Pati.

Kini Budi Santoso kembali terpilih menjadi Ketua PWI Jdepara yang beranggotakan 17 orang jurnalis Jepara. Bersama pengurus lain, Erje menghadapi persoalan yang tidak ringan.

Sebab ditengah dinamika persoalan media yang terjadi secara global, PWI Jepara harus tetap mengedepankan profesionalitas, independensi wartawan dan pengabdian pada masyarakat dan bahkan bangsa dengan mengedepankan tetap Kode Etik Jurnalistik.

Hadi Priyanto