Pengurus PWI Jepara periode 2020-2023

JEPARA(SUARABARU.ID) – Dalam Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI} Jepara yang berlangsung Kamis 30/1-2020,  Budi Santoso  kembali terpilih secara aklamasi oleh anggota   menjadi Ketua PWI Jepara periode 2020-2023. Acara yang berlangsung di serambi belakang pendapa Kabupaten Jepara ini dihadiri  pula oleh Plt Bupati, Dandim 0719, Kapolres, Ketua DPRD dan Kajari Jepara. Disamping itu hadir Ketua PWI Jawa Tengah Amir Mahmud, Ketua Dewan Kehormatan PWI Jateng Sri Mulyadi dan sejumlah pengurus lain.

Budi Santoso Ketua PWI Jepara

Ketua PWI Jateng Amir Mahmud Ns dalam kesempatan tersebut mengungkapkan keprihatinannya dengan mundurnya peran wartawan dalam era digitalisasi.” Sebab banyak media online yang dikelola  tidak  berdasarkan Undang-Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Sehingga pemberitaannya   seringkali tanpa disertai sumber dan data  yang valid . Bahkan   banyak berita yang kemudian  menyesatkan alias hoax serta tidak menjaga independesi media. Bahkan media kemudian terkotak-kotak dalam kepentingan politik,” ujar Amir Mahmud Ns.

Sementara itu, Plt Bupati Jepara saat membuka konferensi tersebut menyatakan, peran media dan PWI sangat besar dalam pembangunanm daerah. “ Sebab melalui tugas jurnalistik, informasi dari pemerintah kabupaten Jepara dapat sampai secara cepat kepada masyarakat. Karena itu fihaknya membuka diri untuk kerjasama dengan seluruh media yang ada,” ujar Dian Kristiandi.

Perlunya sinergitas  antara media denganjajaran pemerintahan juga disampaikan Dandim 0719 Letkol Arm Suharyanto, Kapoltres Jepara AKBP Nughroho Tri Nuryanto dan Kajari Jepara Saiful Bahri. “Melalui informasi yang disampaikan teman-teman wartawan, masyarakat mengerti tentang program dankegiatan yang kita lakukan. Selanjutnya mereka diharapkan akan memberikan dukungan,” ujar Dandim 0719 Jepara.

Sedangkan Kapolres Jepara, memandang penting kerjasama ini dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat. “Peran wartawan sangat besar dalam mendukung terciptanya kondusifitas daerah, keamanan dan ketertiban masyarakat” ujar Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto. Sementara Kajari Jepara Saiful Bahri menilai peran besar media dalam membangun kesadaran hukum masyarakat.

Susunan PWI Jepara periode 2020-2023 terdiri dari Penasehat Hadi Priyanto (SuaraBaru.Id), Arif Darmawan (Diskominfo) Wahyanto (Diskominfo),   Ketua Budi Santoso (Murianews.com), Sekretaris Dian Ardiansyah (Radio Kartini), Bendahara Alif Sutarto (MNC TV). Sedangkan  Bidang Organsasi : Rhoby Sani (Medcom.id), Bidang Pendidikan : Septina Noviyanti (Suara Merdeka), Bidang Kesejahteraan Sulismanto ( Gelora ), Advokasi Wartawan: Budi Hutomo ( Metro TV), Budaya dan Film:  Wikha Setyawan (Detik.Com), Multimedia : Phadang Pranoto (Suara Merdeka), Ekuin : Femy Noviyanti ( Radar Kudus ) dan Olah Raga : Ahmad Iksan ( Radio Er Lisa )

Ulil Abshor.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini