Bagikan

SEMARANG- Prodi Farmasi Unissula mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengedukasi para guru pengelola UKS di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang pada 24 Juli 2019. Mereka adalah Farroh Bintang Sabiti M Farm Apt, Rina Wijayanti MSc Apt, dan Abdur Rosyid MSc Apt.

Menurut Farroh para guru bisa memberikan contoh bagaimana menerapkan penanganan secara mandiri pada para siswa yang sakit di sekolah. Sebelum dimulai pelatihan para guru diberikan pretest tentang informasi penggunaan obat sebelum menggunakan obat, penggolongan obat, cara penyimpanan dan cara pembuangan obat, dan efek samping obat.

Kedua pemberian sosialisasi materi yang dikemas secara menarik selanjutnya setelah proses kedua telah selesai dilakukan posttest kepada peserta yang merupakan evaluasi terhadap materi tersebut. Monitoring, peserta guru pengelola UKS mempraktikan sebagai mentor kepada siswa dengan didampingi oleh tim pengabdian.

Masih menurut Farroh masih banyak masyarakat yang kurang memahami penggunaan obat yang baik khususnya pada orang sakit. Masalah penggunaan obat tidak rasional dan tidak baik dapat mempengaruhi kesehatan pasien karena obat merupakan komponen utama dalam pelayanan kefarmasian.

Untuk mengetahui persepsi dan meningkatkan perilaku penggunaan obat perlu adanya pendekatan edukasi penyuluhan kepada masyarakat yaitu tentang cara mendapatkan obat, cara penyimpanan obat, cara memilih obat dan cara menggunakan obat, mengetahui efek samping obat “Penggunaan obat secara tidak benar dapat mengakibatkan terapi kurang efektif dan efisien, kepatuhan pasien rendah dan pengobatan tidak optimal” Ungkap Farroh./suarabaru.id

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here