blank
kedua dari kanan, Santoso ,Petinggi Desa Langon

Jepara – Warga Desa Langon, Kecamatan Tahunan, Jepara, Jumat, (28/6) menggelar acara Sedekah Bumi. Acara yang dimulai dari pendopo balai desa Langon tersebut akan dilaksanakan selama enam hari dengan berbagai rangkaian kegiatan. Di awali dengan acara Barikan Apem, sebuah prosesi awal sebagai pembukaan Sedekah Bumi.

Acara Barikan Apem adalah budaya Jawa yang konon telah ada sejak zaman Sunan Kalijaga. Sebagai pembuka memohon keselamatan kepada Allah SWT agar acara Sedekah Bumi diberikan kelancaran, dan kesuksesan dari awal hingga akhir.
blank
Drs. KH. Ali Ridho

Dalam acara Sedekah Bumi ini rencananya warga desa Langon juga akan melakukan ritual buka Luwur dan khaul di makam para leluhur, antara lain di makam Mbah Surgi Nggelang, pada hari Senin, (1/7).

Dilanjutkan buka luwur dan khaul di makam Kyai Ndagan dan Kyai Langgar, pada hari Kamis, (4/7). Acara ritual tersebut sebagi bentuk nguri-nguri budaya dan tidak melupakan jasa para leluhur dalam menyebarkan agama Islam di Desa Langon.

Selain acara ritual keagamaan, Sedekah Bumi Desa Langon juga akan menggelar acara Festival Kesenian Rakyat, Bazar Sedekah Bumi, zdikir dan do’a bersama serta pembacaan Khotmil Qur’an oleh hafizd dan Hafizdoh se- Desa Langon.

Dalam acara Sedekah Bumi ini, Pemerintah Desa Langon mengusung tema “ Dengan Semangat Sedekah Bumi, Kita Merajut Perbedaan Untuk Kebersamaan Dalam Kemajuan”. Acara akan ditutup oleh pertunjukan wayang kulit dan pemutaran film dokumenter asal-usul Desa Langon. (SuaraBaru.Id/Ulil Abshor)