blank
Ilustrasi teh hijau. Foto: Pexel

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Teh hijau merupakan teh hijau yang berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis. Minuman ini digunakan dalam pengobatan Jepang dan Cina selama berabad-abad lamanya.

Proses pengolahan teh hijau lebih singkat dibandingkan jenis teh lainnya, seperti matcha maupun teh hitam, sehingga kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya masih terjaga.

Teh hijau disebut mempunyai banyak manfaat dan salah satunya apabila rutin mengonsumsi teh ini adalah bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Oleh karena itu, teh hijau ini adalah minuman yang cocok dikonsumsi apabila sesorang ingin mendambakan bentuk tubuh yang ideal.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Manfaat Teh Yuzu yang Kaya akan Vitamin C

Akan tetapi, mengonsumsi teh hijau untuk menurunkan berat badan ini tidak boleh dilakukan secara asal. Supaya khasiatnya bisa didapat, jangan mencampurkan teh hijau yang akan diminum dengan bahan lainnya. Seperti dirangkum dari Halodoc, berikut ini adalah cara mengonsumsi teh hijau dengan benar.

1. Diminum saat hangat

Perlu diketahui bahwa teh hijau ini memang bisa dinikmati dalam keadaan hangat ataupun dingin. Akan tetapi, jika kalian menginginkan khasiat untuk menurunkan berat badan, sebaiknya menikmati teh hijau dalam kondisi hangat.

Apabila kamu menyeduh langsung daun teh hijau asli ini sebaiknya seduh dengan menggunakan air panas di suhu 80 sampai 90 derajat Celcius, lalu biarkan sebentar sampai menjadi hangat dan minum hingga habis.

Baca Juga: Dapat Mencegah Obesitas, 4 Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan

2. Jangan menambah campuran apapun

Apabila sedang menjalani diet, sebaiknya jangan menambahkan campuran apapun ke dalam teh hijau. Pasalnya, teh hijau yang dicampur dengan susu, madu atau jeruk nipis dan tidak disarankan untuk diet.

Maka dari itu, lebih baik jika kamu bisa mengonsumsi seduhan daun teh hijau murni untuk menurunkan berat badan.

Menambahkan susu atau madu dapat meningkatkan kandungan kalori di dalam teh hijau, untuk jeruk nipis sendiri memang mempunyai khasiat dalam menurunkan berat badan. Akan tetapi, teh hijau yang sudah dicampur dengan jeruk nipis ini tidak boleh dikonsumsi oleh penderita maag.

3. Jangan minum teh hijau sebelum tidur

Teh hijau yang mengandung kafein ini sebaiknya dihindari oleh orang yang menjalani diet. Selain itu, jangan mengonsumsi teh hijau sebelum tidur, karena kandungan kafeinnya ini dapat menyebabkan insomnia.

Apabila mengalami susah tidur, hal ini justru bisa mengacaukan proses metabolisme tubuh, dan pembakaran lemak tubuh pun tidak optimal. Maka dari itu, sebaiknya minum teh hijau setelah makan malam atau empat jam sebelum waktu tidur.

Nah itulah tadi cara mengonsumsi teh hijau dengan benar bagi yang menjalani program diet. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Claudia