blank
Ilustrasi teh hitam. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Teh hitam sendiri sudah lama dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari teh hitam.

Teh hitam berasal dari daun Camellia sinensis, yakni tanaman yang sama dengan teh hijau. Selain memiliki rasa yang kuat, teh hitam juga mengandung kafein yang lebih tinggi daripada jenis teh lain. Dilansir dari Suara.com selain itu, teh hitam juga kaya akan antioksidan, sehingga baik untuk memberikan beragam manfaat untuk kesehatan.

Teh hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan polifenol sebagai antioksidan dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan sel akibat radikal bebas. Pasalnya radikal bebas dapat menyebabkan gumpalan darah, sel kanker dan aterosklerosis.

Baca Juga: Lebih Sehat Mana, Kopi Hitam atau Kopi Susu? Simak yuk…

Berikut adalah 4 manfaat dari teh hitam untuk kesehatan, yang telah dirangkum dari laman alodokter.com.

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan antioksidan pada teh hitam yakni flavonoid, diketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Setidaknya, minum 3 gelas teh hitam per hari dapat meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh. Sehingga, menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung.

2. Mencegah obesitas

Mengkonsumsi gula dan lemak berlebih dapat meningkatkan resiko obesitas. Teh hitam sendiri diketahui mengandung polifenol, yang dapat menekan penyerapan gula kompleks dan lemak, sehingga dapat menghambat pertambahan berat badan. Tetapi, harus diimbangi dengan berolahraga teratur jika mengkonsumsi teh hitam, guna mencegah obesitas.

3. Mengontrol diabetes

Teh hitam tanpa gula sangat baik untuk kesehatan, terutama dalam mengontrol diabetes. Studi mengungkapkan bahwa, kandungan katekin pada teh hitam terbukti mampu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.Tak hanya itu, teh hitam juga dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Baca Juga:Mana yang Lebih Sehat Antara Kopi dengan Teh? Yuk Simak Selengkapnya…

4. Menjaga kesehatan otak

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh hitam dapat melancarkan aliran darah ke otak dan menurunkan resiko gangguan kognitif. Selain itu, kafein pada teh hitam juga dapat dijadikan alternatif pengganti kopi untuk meningkatkan kewaspadaan dan fokus.

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan mengenai manfaat teh hitam untuk kesehatan. Mohon maaf jika ada penulisan kata atau kalimat yang kurang dimengerti. Semoga bermanfaat.

Claudia