blank
ilustrasi teh yuzu. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Yuja-cha atau yang dikenal juga dengan teh yuja (yuzu) adalah teh herbal tradisional Korea yang sangat populer sejak lebih dari 100 tahun yang lalu.

Biasanya masyarakat Korea menikmati teh yuju pada musim dingin. Teh ini dibuat dengan mengawetkan buah yuja menjadi sirup yang kental dan memiliki campuran rasa pahit dan manis.

Dilansir dari Suara.com, buah yuja merupakan buah asli China tetapi saat ini sudah tersebar ke Korea, Jepang, dan bagian negara lain. Buah yuja masuk dalam jenis citrus yang memiliki aroma kuat.

Baca Juga: Dapat Mencegah Obesitas, 4 Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan

Tak hanya terkenal di Korea Selatan, teh yuju sendiri juga dikenal sebagai teh citron di bagian negara lain.

Kaya akan manfaat, teh yuja memang terkenal mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Teh yuja sendiri diketahui memiliki vitamin C dua sampai tiga kali lipat lebih banyak daripada jus lemon biasa. Vitamin C dalam teh yuja dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Teh ini juga mengandung sejumlah antioksidan serta minyak esensial dengan sifat antibakteri. Adapula sejumlah kecil zat besi, kalsium, dan kadar kalium yang rendah. Terdapat 65 kalori dalam secangkir teh yuja.

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat Antara Kopi dengan Teh? Yuk Simak Selengkapnya…

Manfaat lain yang dapat dihasilkan oleh teh yuja adalah dapat mencegah penyakit flu, meringankan sakit tenggorokan, mengatasi demam dan masalah pencernaan, serta baik untuk peredaran darah.

Mengonsumsi teh tradisional ini juga dapat membantu untuk mengatasi kelelahan dan menyegarkan tubuh.

Bagi kamu yang tertarik untuk membuat teh yuja home made caranya sangat mudah, lho! Dilansir dari eyesandhour.com Begini resep mengolah teh yuja. Bahan yang diperlukan adalah toples kaca, madu, dan buah yuja.

Baca Juga: Yuk Simak 4 Manfaat Teh Herbal Bunga Seruni bagi Kesehatan Tubuh

Iris tipis kulit buah dan daging buah, masukkan ke dalam toples yang dicampur madu secukupnya.
Tutup toples kaca dengan kencang, masukkan ke dalam lemari es dan biarkan selama beberapa hari.
Kamu dapat menikmati hasilnya setelah 3-4 hari.
Untuk menikmati teh yuja. Campurkan 2-3 sendok makan selai yuja dengan air hangat.
Teh yuja siap disajikan.
Teh yuja dapat dinikmati saat musim dingin ataupun sesaat sebelum tidur untuk merileksasi tubuh dari aktivitas seharian.

Karena tidak mengandung kafein, teh ini direkomendasikan dapat dikonsumsi secara rutin. Sering berkembangnya jaman, teh yuza juga dapat disajikan menggunakan air dingin, sesuaikan dengan selera.

Pembuatan yang cukup mudah tetapi mengandung banyak manfaaat. Apakah kamu tertarik mencobanya?

Claudia