blank

JAKARTA (SUARABARU.ID) : Belakangan ini istilah Learning Management System atau yang biasa kita sebut LMS semakin sering kita dengar apalagi semenjak pandemi Covid-19.

Sistem LMS sendiri menjadi metode pembelajaran yang berkaitan dengan pembuatan silabus, menyajikan materi, dan mengelola pembelajaran secara online. LMS memang dirancang secara khusus untuk memberikan kemudahan dalam penyelenggaraan pembelajaran. Termasuk juga proses training di sebuah perusahaan.

Untuk lebih memahami lebih dalam apa itu learning management system, mari simak di artikel ini!

Apa Itu Learning Management System

Learning Management System adalah suatu perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian konten pembelajaran.

Sesuai dengan namanya, sistem ini memfasilitasi penggunanya untuk merencanakan dan membuat silabus, mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas belajar, nilai, sampai mengelola tampilan e-learning.

Sistem ini berbasis digital, sehingga dapat memudahkan perusahaan dalam merencanakan proses pelatihan online. Dari sisi karyawan, mereka juga diberikan kemudahan dalam mengakses semua konten pembelajaran secara online yang telah disiapkan kapanpun.

Lewat LMS, perusahaan akan lebih mudah dalam membuat konten pembelajaran secara online, perencanaan, pelaporan, sampai dokumentasi. Perusahaan juga dapat memanfaatkan konten-konten dalam bentuk digital untuk mendukung proses pelatihan, seperti video, animasi, audio, dan lainnya. Proses pembelajaran pun bisa berlangsung lebih menarik dan tidak kaku.

Apa Fungsi LMS?

Aplikasi LMS punya fungsi-fungsi penting yang sangat berguna untuk menunjang kegiatan pelatihan karyawan. Dengan sistem ini perusahaan dapat merencanakan dan membuat silabus, mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pelatihan, sampai menilai apakah pelatihan yang diadakan sudah efektif atau belum.

LMS ini berbasis aplikasi atau platform web, sehingga memudahkan perusahaan dalam merencanakan proses pelatihan online. Learning Management System memudahkan karyawan untuk mengakses konten dan materi pelatihan dari mana saja dan kapan saja.

Manfaat Melakukan Pelatihan Learning Management System

Ada beberapa manfaat yang didapatkan perusahaan saat melakukan pelatihan menggunakan LMS, antara lain:

1. Bisa Melakukan Pelatihan secara Virtual

Platform LMS memungkinkan Anda melakukan pelatihan secara virtual. Ini hampir sama seperti Anda mereka kegiatan training tatap muka ke dalam video. Virtual pelatihan ini diharapkan mampu menggantikan kegiatan pelatihan konvensional.

2. Memberikan Bahan Pelatihan dengan Berbagai Format

LMS punya fitur yang mendukung perusahaan untuk memberikan materi pelatihan dengan berbagai formatnya baik itu JPG, PPT, sampai sebuah format video MP4. Hal ini diharapkan dapat mempermudah proses penyampaian pelatihan di perusahaan.

3. Memberikan Tugas dengan Banyak Alternatif

Tidak hanya memungkinkan perusahaan memberikan materi pelatihan dengan berbagai format. LMS juga memungkinkan proses pemberian tugas dalam pelatihan disajikan dalam berbagai format.  Walau hadir dalam berbagai format, namun sistemnya tetap bisa lebih sistematis. Perusahaan pun bisa dapat langsung memberikan soal-soal tugas pada platform LMS.

4. Dapat Melakukan Analisis

Perusahaan pun tidak perlu khawatir mengenai proses penilaian pelatihan yang dilakukan karyawan. Semua bisa dianalisis menggunakan sistem LMS. Anda bisa mengetahui secara akurat bagaimana pencapaian karyawan terhadap pelatihan yang diadakan.

Dari sini kita bisa tahu bahwa Learning Management System adalah perangkat yang mendukung perusahaan untuk melakukan pelatihan lebih efektif dan efisien dengan hasil yang terukur.

Salah satu contoh Learning Management System yang bisa digunakan oleh perusahaan juga bisa ditemukan dalam aplikasi HR LinovHR. Ini adalah salah satu fitur baru yang dikembangkan LinovHR di mana dalam Learning Management System ini punya banyak fitur yang lengkap dari proses perencanaan pelatihan, pelatihan, sampai pascapelatihan.

Semua tersedia di satu tempat dan bisa diakses kapanpun oleh karyawan. Anda dapat mengajukan demo gratisnya kepada LinovHR dengan mengunjungi website mereka.