blank
Ilustrasi ceker ayam yang kaya nutrisi baik untuk sistem imun tubuh. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ceker atau kaki ayam merupakan limbah sampingan dari rumah potong ayam yang pemanfaatannya terbatas karena kandungan tulang dan kulit yang tinggi, tetapi kandungan dagingnya sedikit.

Ceker ayam menjadi salah satu bagian tubuh ayam yang cukup digemari banyak orang. Ini merupakan makanan favorit yang dipuji karena mengandung banyak manfaat kesehatan, sebagian besar disebabkan oleh kandungan kolagennya yang tinggi.

Sebab, ceker mengandung protein dan kalsium, yang mana kedua nutrisi ini sangat penting untuk membantu regenerasi otot, tulang, dan saraf. Dua nutrisi ini bisa membantu menyembuhkan luka.

Kandungan nutrisi seperti kolagen, gelatin, vitamin C dan mineral layaknya seng, tembaga, magnesium, kalsium, dan fosfor pada ceker ayam bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat, sehingga membuat Anda tidak akan mudah sakit.

Di samping mencegah pengeroposan tulang, manfaat ceker ayam untuk kesehatan tulang juga dapat mengurangi nyeri sendi yang kerap kali dikeluhkan penderita osteoporosis. Nyeri dapat terjadi oleh proses pengeroposan itu sendiri maupun peradangan yang terjadi karena proses pengeroposan pada tulang.

Dilasnir dari Suara.com, salah satu manfaat mengonsumsi ceker ayam adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Mau tahu apa lagi? Intip ulasannya di bawah!

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Dilansir dari laman Healthline, ceker ayam mengandung kolagen tinggi yang dapat meningkatkan hidrasi, kekasaran, elastitsitas, serta kepadatan kulit tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan pada 105 wanita dengan selulit sedang menemukan bahwa konsumsi kolagen secara teratur dapat mengurangi selulit dan kulit bergelombang. Selain itu, asupan kolagen juga memiliki manfaat baik bagi penyembuhan luka dan penuaan kulit.

Kolagen dapat bekerja dengan meningkatkan kadar asam hialuronat, molekul penahan air yang dipercaya membantu mencegah penuaan kulit.

2. Mencegah tulang keropos

Asupan kolagen juga dapat meningkatkan pembentukan dan kepadatan tulang pada wanita pascamenopause.

Sebuah penelitian pada 102 wanita menemukan bahwa mengonsumsi 5 gram peptida kolagen per hari dapat meningkatkan kepadatan dan sintesis mineral tulang sekaligus mengurangi degradasi tulang.

Selain itu, dalam studi lain mereka yang mengonsumsi kolagen juga lebih sedikit kehilangan kepadatan mineral tulang. Banyak peneliti percaya bahwa kolagen dapat memberikan efek ini karena merupakan penyusun utama massa tulang.

3. Mengurangi nyeri sendi

Kolagen dalam ceker ayam dapat meredakan nyeri sendi. Penelitian menunjukkan bahwa kolagen dapat menimbulkan regenerasi jaringan untuk mengurangi gejala osteoartritis.

Jenis radang sendi ini mampu merusak tulang rawan Anda, menyebabkan tulang bergesekan satu sama lain, hingga kesulitan bergerak.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi kolagen yang berasal dari ceker ayam dapat mengurangi penanda nyeri, kekakuan, dan disfungsi fisik.

4. Meningkatkan imun tubuh

Menurut Food and Home, ceker ayam merupakan camilan bergizi tinggi yang juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini karena kandungan mineral yang bermanfaat membangun kesehatan. Selain itu, kolagen dan beberapa mineral lain, seperti tembaga, magnesium, fosfor, kalsium, dan seng juga bermanfaat dalam mengatasi serangan penyakit. Jadi, dengan mengonsumsi ceker ayam secara rutin dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Itu tadi 4 manfaat makan ceker ayam bagi tubuh.

Claudia