blank
Komunitas lingkungan di Pati melakukan penanaman mangrove, dan hasilnya sudah tampak. Sebuah upaya merawat lingkungan. Foto: Dok MAsruri

blank

ADANYA penghijauan itu menyebabkan pepohonan dapat menyerap karbondiogsida sehingga mengurangi efek rumah kaca dan penghuni bumi pun menjadi lebih nyaman.

Adanya penghijauan juga membuat tempat yang kita huni itu tampak  lebih indah dan udara lebih segar karena banyaknya tumbuhan-tumbuhan di sekitar kita.

Sedangkan manfaat akhiratnya berupa pahala. Karena yang kita tanam itu jika dimakan oleh manusia,  burung ataupun jenis jasat renik lain, walau hanya satu biji, atau satu helai daun itu sudah termasuk sedekah bagi yang menanamnya.

Demikian besarnya perhatian agama terhadap penanaman pohon dan penghijauan dunia. Disisi lain juga melarang untuk menebang sembarangan yang menimbulkan kerusakan di bumi. Kita dituntut untuk menjaga untuk menopang kehidupan semua makhluk yang hidup dipermukaan bumi saat ini dan masa mendatang.

Baca juga Meruwat dan Merawat Alam – I

Sebagaimana firman Allah SWT: ” Dan jika dikatakan kepada mereka: “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi”. Mereka menjawab: “Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan” (Q.S. Al Baqarah :11)

Namun sayang, semakin berkembangnya zaman semakin banyak manusia yang merusak lingkungan baik secara sadar ataupun tidak. Berbagai kehancuran dan kerusakan terjadi dimana-mana hingga menimbulkan banyak bencana.

Sesuai firman-Nya : ” Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (Q.S. Ar Rum:41)

 

Oleh karena itu manusia sebagai khalifah di muka bumi  ini hendaknya selalu menjaga dan merawat bumi ini sebaik-baiknya dan tidak merusak lingkungan karena pada dasarnya, kita ini “numpang hidup” dan bentuk perhatian serta kepedulian kita  itu salah satunya dengan menanam pohon.

blank
Menanam, adalah awal untuk tindakan menyelamatkan lingkungan. Foto: Dok MAsruri

Dengan banyak pepohonan juga bisa mengurangi polusi yang  sering kita jumpai hampir setiap saat di sekitar lingkungan kita yang disebabkan asap kendaraan bermotor, gas buang pabrik dll.

Dengan adanya penanaman pohon itu bisa membantu mengurangi polusi udara. Termasuk fungsi tanaman itu untuk menyerap panas efek rumah kaca karena pantulan kembali panas sehingga merusak lapisan ozon bumi.