blank

Anggota Riset Grup Tanaman Pangan dan Perkebunan FP UNS  tengah menyerahkan bibit tanman manga  kepadapeserta sosialisasi reboisasi diantaranya Kelompok Wanita Tani (KWT) Amara Gardenia, di Tegal Asri RT 03/ RW 17, Kelurahan Banjarsari, Kota Surakarta. Foto: Humas UNSSolusi yang ditawarkan adalah reboisasi dengan tanaman mangga. Mangga merupakan tanaman hortikultura yang cocok ditanam di dataran rendah dengan ketinggian antara 0-300 meter di atas permukaan laut sehingga cocok ditanam di wilayah Surakarta. Selain itu juga cocok untuk tumbuh di daerah dengan musim kering 2–8 bulan/tahun.

“Curah hujan yang dibutuhkan tanaman mangga antara 750—2.250 mm per tahun. Daerah dengan suhu antara 24 – 27° C merupakan tempat tumbuh yang baik untuk tanaman mangga.

Tanah yang baik untuk budi daya mangga yaitu tanah gembur yang mengandung pasir dan lempung dalam jumlah yang seimbang. Derajat keasaman tanah (pH tanah) yang cocok adalah 5.5—7.5,” terangnya .

Secara terpisah dari penyelenggara diperoleh keterangan, kegiatan sosialisasi ini dihadiri Lurah Banjarsari, Endang Wahyuni dan Ketua KWT Amara Gardenia, Surini, dan 32 peserta lainnya.

Sebelumnya tim pengabdian Riset Grup Tanaman Pangan dan Perkebunan melakukan simulasi penanaman, pemeliharaan tanaman, dan pembagian 100 benih mangga berasal dari sambung pucuk.

Bagus Adji