blank
Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo SIK, SH,  MH saat melakukan giat Polisi Sowan (POSO) ke masjid di Masjid Al Amin, Kanjengan, Bareng, Klaten Tengah, Senin (4/4). Foto: Humas/Res Klt

KLATEN (SUARABARU.ID) Kepolisian Resor (Polres) Klaten menerjunkan ratusan personel beragama Islam yang disebar pada ratusan masjid untuk melaksanakan ibadah tarawih sekaligus melakukan kegiatan harkamtibmas.

Pelaksanaan beberapa program Kamtibmas dengan slogan Romadhon Wajib Aman dan Tertib (Rowatib) berlangsung selama bulan Ramadan 1443 H

“Saat ini kita sedang melaksanakan tarling dengan tagline kita adalah POSO atau Polisi Sowan ke masjid-masjid. Kita menerjunkan hampir 767 personel yang ditempatkan  pada  401 titik masjid di Kab. Klaten” , ungkap  Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo SH SIK MH saat melakukan giat Poso di Masjid Al Amin, Kanjengan, Bareng, Klaten Tengah, Senin (4/4).

Program POSO, lanjut AKBP Eko Prasetyo SIK,SH, MH, dijalankan sebagai upaya memupuk keimanan dan ketaqwaan anggota serta sebagai ajang silaturahmi anggota Polres Klaten dengan masyarakat.  Personil Polres Klaten dalam kesempatan tersebut diminta memberikan himbauan terkait kamtibmas dan Covid 19.

“Tujuan kami yang pertama adalah menjalin silaturahmi dengan masyarakat Kab. Klaten.  Kemudian kami ingin mengingatkan kepada masyarakat terkait dengan protokol kesehatan. Karena saat ini covid sudah mulai menurun, kami ingin mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap patuh memakai masker. Kemudian berkaitan dengan percepatan vaksin, kami sangat menghimbau agar masyarakat segera vaksin.”, jelas Kapolres Klaten

Pola khusus

Terkait pola pengamanan dalam bulan Ramadan, kata AKBP Eko Prasetyo SIK,SH, MH pada bagian lain penjelasannya, Polres Klaten menerapkan pola khusus. Yaitu  Polres Klaten akan menurunkan  personelnya selama 24 jam penuh guna mendampingi kegiatan di masyarakat. Selain kehadiran personel, jajaran Polres Klaten juga meningkatkan upaya cipta kondisi dengan operasi pekat khususnya miras.

Menjelang puasa, pihaknya telah menyita miras hampir 5.000 botol berisi miras. “Patroli skala besar dan operasi yustisi juga dilaksanakan di seluruh jajaran mulai pukul 21.00 sampai dengan  23.00 Wib. Pada dini hari dilakukan patroli skala berarti kembali yang sasarannya knalpot brong dan trek-trekan sampai patroli menjelang subuh dan setelah subuh ada,” tandasnya.

Bagus Adji