blank
Kepala MTs Negeri 1 Jepara Miftakhudin (tengah) didampingi para Wakil Kepala Madrasah.

JEPARA (SUARABARU.ID) – MTs Negeri 1 Jepara pada tanggal 10 Januari 2022 menjadi Madrasah Tsanawiyah peringkat pertama se-Jawa Tengah sepanjang periode tahun 2021. Selama rentang satu tahun, MTs yang dipimpin Miftakhudin ini berhasil meraih 2.002 penghargaan resmi dari berbagai kejuaraan baik akademik maupun nonakademik.

blank

Penghargaan-penghargaan ini dicatatkan dalam D-PDM, aplikasi sistem pelaporan prestasi madrasah di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Kepala MTs Negeri 1 Jepara Miftakhudin merinci, peserta didik dari madrasahnya pada 2021 tercatat 26 kali menjadi juara 1, 9 kali juara 2, 19 kali jadi juara 3.

“Selain perolehan juara, juga ada raihan medali yang terdiri dari   499 medali emas, 663 medali perak, dan 604 medali perunggu. Ada pula 182 siswa yang medapat honourable mention,” ungkap  Miftakhudin di ruang kerjanya, Jumat (27/1-2022).

blank

Sementara, Miftakhudin menyampaikan kejuaraan yang diikuti selama tahun 2021 bertaraf kabupaten, provinsi, nasional, hingga internasional. Menurutnya, di MTs Negeri 1 Jepara telah terprogram pembinaan siswa meraih prestasi. ”Mulai di bidang olimpiade, bidang riset, serta seni dan olahraga. Pembinaan kami lakukan rutin dan disiplin. Ditambah dukungan orang tua hingga  banyak peserta yang ikut bisa ikut lomba sehingga peluang meraih prestasi menjadi besar,” terangnya.

Yang terbaru anak-anak dari MTs Negeri 1 Jepara menjadi juara umum National Science & Social Competition (NSSC) 1.0 2021 jenjang SMP/sederajat. “Kompetesi itu sifatnya skala nasional. Saat itu MTs Negeri 1 Jepara berhasil meraih 74 penghargaan dari 70 siswa yang dikirim,” ujar Miftakhudin.

Masing-masing berupa 45 honorable mention, 3 keping medali emas, 10 medali perak, dan 16 medali perunggu. Penghargaan tersebut berasal dari beragam bidang. Pada jenjang SMP/ sederajat, NSSC melombakan lima bidang, yakni Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. ”Juara umum kami didapatkan karena berhasil meraih prestasi terbanyak dibanding seluruh peserta se-Indonesia,” tambah Miftakhudin.

Catatan prestasi sepanjang tahun 2021 itu diharapkan kian memacu semangat siswanya meraih prestasi tahun ini. ”Tapi jangan sampai mengalahkan akhlaqul karimah,” tandas Miftakhudin.

Alvaros – Hadepe – Aksl