blank
Buah Sirsak. Foto: Pixabay

(SUARABARU.ID)- Sirsak buah berwarna hijau berduri yang banyak ditemukan di daerah tropis ini memiliki daging yang lembut dan berair. Belakangan ini buah dengan rasa asam manis tersebut menuai popularitas karena khasiat daunnya untuk mengobati kanker.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sirsak dapat membunuh sel kanker hingga 10 kali, lebih efektif dibandingkan kemoterapi. Ternyata buah ini memang sudah lama menjadi bagian dari pengobatan tradisional, dilansir dari Jabar.poskota.

Tetapi ternyata bukan hanya itu manfaat sirsak. Sirsak juga memiliki banyak khasiat untuk kecantikan kulit dan rambut. Mau tahu apa saja? Berikut ini kami tampilkan khasiat-khasiat buah dan daun sirsak untuk kecantikan yang dikutip dari Stylecraze.

1. Menyembuhkan Gangguan Pada Kulit

Daun sirsak memiliki kualitas penyembuhan yang efektif, karena itu cocok digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit. Jika Anda menempelkan daun sirsak segar pada kulit Anda yang bermasalah, maka penyakit kulit akan lebih cepat sembuh.

2. Melawan Tanda Penuaan

Buah sirsak mengandung asam askorbat dan vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan itu berfungsi antioksidan dalam tubuh kita yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus dan pigmentasi pada kulit.

3. Mengatasi Kutu

Siapa sangka kalau daun sirsak juga bisa berfungsi sebagai obat anti-kutu rambut? Untuk mengatasi kutu yang bersarang di rambut, gunakan daun sirsak yang sudah dilumatkan untuk creambath. Usapkan hingga merata di seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Setelah itu bungkus kepala dengan handuk hangat dan diamkan selama 30 menit.

4. Mencegah Rambut Rontok

Sirsak, dengan kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya dapat membantu mencegah dan mengatasi rambut rontok. Rajin mengonsunsi buah sirsak akan menjadikan rambut lebih sehat dan kuat.

5. Mengurangi Ketombe

Daun sirsak mengandung bahan yang bersifat anti-parasit. Jika dioleskan pada kulit kepala kandungan anti-parasit tadi akan membantu melawan ketombe beserta gejala yang ditimbulkan, termasuk kulit kepala gatal dan kering.

Claudia