Direktur PIDI 4.0 Kemenperin, Tirta Wisnu Permana (Dua dari kiri) bersama Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Dr. rer.nat Sajidan (paling kiri) tengah menyampaikan sambutan terkait kunjungan ke Universitas Sebelas Maret, Jumat (21/1). Foto: Dok/Humas UNS

SURAKARTA(SUARABARU.ID) – Direktur Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI) 4.0 Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Tirta Wisnu Permana melakukan kunjungan ke Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Kunjungan PIDI 4.0 ke UNS merupakan langkah awal untuk mengenalkan PIDI ke pihak universitas, diterima  Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Dr. rer.nat Sajidan di Ruang Sidang 1 Gedung dr. Prakosa UNS, Jumat (21/1)

Direktur PIDI 4.0 Kemenperin, dalam kata pengantarnya mengemukakan PIDI 4.0 merupakan lembaga baru yang dibentuk sebagai solusi penerapan industri 4.0 di Indonesia.

PIDI 4.0 memiliki sebuah capacity building di Jakarta dan diresmikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada Desember 2021. Kunjungan juga salah satu bentuk upaya PIDI 4.0 mendapat dukungan dari perguruan tinggi.

Kami sengaja datang ke UNS dengan harapan ekosistem yang ada di PIDI mendapat dukungan dari universitas yang memang memiliki perhatian membangun percepatan transformasi digital di Indonesia,” kata Tirta Wisnu Permana.

Hadir pada acara ini Direktur Kerja Sama, Pengembangan dan Internasionalisasi UNS, Prof. Irwan Trinugroho, Ph.D dan Dekan Fakultas Teknik (FT) UNS, Dr. techn. Ir. Sholihin Asad, Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS.

Prof. Dr. rer.nat Sajidan, dalam sambutannya mengatakan hal senada. Pihaknya berharap kunjungan dapat dilanjutkan dengan kerja sama supaya ekosistem digital di UNS dapat meningkat.

“Saya ucapkan terima kasih atas kehadiran dan kerja samanya. Mudah-mudahan dengan kehadiran PIDI ini dapat meningkatkan program yang berhubungan dengan digital ekonomi atau digital kreatif atau yang terkait dengan ini sehingga bisa kita kerja samakan bersama,” kata Prof. Sajidan.

Secara terpisah daru Humas UNS diperoleh keterangan, Direktur PIDI 4.0 beserta rombongan mengunjungi FT UNS dan PUI Center for Fintech and Banking UNS (UNS Fintech Center) untuk meninjau fasilitas dan kondisi lapangan.

Bagus Adji