blank
Penanaman bibit tanaman penghijauan lereng Gunung Andong dilakukan kemarin. Foto : eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Ngablak, Kabupaten Magelang, mendukung program penghijauan dengan menanam 1.200 bibit pohon, Minggu (28/11) kemarin. Kegiatan itu bertema “Nyawiji Peduli Andong” di Dusun Pendem, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Adapun jenis bibit yang ditanam antara lain Durian, Sirsat, Jambu, Jeruk Sengon dan jenis tanaman kayu.

Hadir dalam kegiatan itu antara lain Kepala Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah IX Ir Selamet Rohadi, Danramil 07 Ngablak Lettu Inf Aris Widodo, Kapolsek AKP Sukamto, Asper BPKH Ambarawa Riry Omarza, Kadus Pendem Solikin, Ketua Ranger Gunung Andong Sutikno Aji. Selain itu dari Basarnas 10 orang, Saka Wana Bhakti Temanggung 40 orang dan komunitas pecinta alam lebih kurang 400 orang.

Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IX Ir Selamet Rohadi mengatakan, di hari menanam pohon Indonesia dan bulan menanam nasional, pemerintah bersama elemen lainnya melaksanakan program penghijauan untuk melestarikan lingkungan.

Menurut Rohadi, penghijauan itu selain sebagai penyejuk, juga berguna untuk keseimbangan alam. Khususnya menyelamatkan mata air di Desa Girirejo serta menjaga tanah longsor, terutama di musim penghujan seperti saat ini.

“Sehingga dengan penanaman pohon ini ke depannya bisa menambah mata air dan mencegah longsor, yang pada akhirnya bisa berdampak positif pada warga,” terangnya.

Sementara itu Danramil 07/Ngablak Lettu Inf Aris Widodo menyampaikan bahwa Koramil akan selalu mendukung program pemerintah demi kelancaran semua kegiatan di wilayah Ngablak.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat buat warga sekitar, terutama warga Desa Girirejo,” katanya.

Eko Priyono