Ba;on Udara
Sejumlah petugas dari Polsek Mertoyudan sedang menyisir dan mencari petasan yang gagal meledak dari sebuat balon udara yang jatuh di di Perumahan Pesona Mungkid, Dusun Pasuruhan, Desa Donorejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jumat (12/4/2024).foto: W.Cahyono.

KOTA MUNGKID( SUARABARU.ID)- Sebuah balon udara berdiameter tiga meter  jatuh di Perumahan Pesona Mungkid, Dusun Pasuruhan, Desa Donorejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jumat (12/4/2024). Peristiwa  tersebut terjadi sekitar pukul 07.30 WIB mengakibatkan lima rumah milik warga dan satu unit mobil mengalami rusak.

“Akibat kejadian tersebut, lima buah rumah yang ada di Perumahan Pesona Mungkid, Dusun Pasuruhan, Desa Donorejo, Kecamatan Mertoyudan mengalami kerusakan ringan. Kerusakan tersebut berupa  pecah bagian atap  yang terbuat dari asbes,”kata kata Kapolsek Mertoyudan, AKP  Winadi di lokasi kejadian, Jumat (12/4/2024).

Winadi mengatakan, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 07.30 WIB tersebut juga mengakibatkan satu unit mobil yang terparkir di jalan perumahan tersebut mengalami rusak. Kerusakan yang terjadi pada mobil Daihatsu Sigra bernomor polisi  AD AD 1325 JS tersebut yakni kaca depan mengalami retak-retak, lampu kiri depan pecah dan bamper depan juga rusak.

“Meskipun terdapat kerugian material, namun tidak ada korban jiwa manusia,”katanya.

Ia menambahkan, di balon udara yang yang  terbuat dari plastik dan berdiameter sekitar tiga meter, terdapat puluhan petasan berbagai ukuran. Petasan tersebut dikaitkan di lingaran balon udara yang terbuta dari bambu. Di lingkaran balon yang terbuat dari bilah bambu tersebut juga ada sejumlah petasan dalam berbagai ukuran.

Menurutnya, sejumlah petasan yang tersisa tidak meledak , sempat berserakan  di sekitar lokasi kejadian. Sisa petasan yang tidak meledak dan  berhasil diamankan tersebut berjumlah sebanyak 45 buah.

Pihaknya hingga saat ini masih melakukan penyelidikan terkait jatuhnya balon udara di komplek perumahan tersebut. selain itu, pihaknya juga belum mengetahui pemilik atau yang menerbangkan balon udara tersebut.

“Pemilik atau yang menerbangkan balon  ini masih dalam penyelidikan,”katanya.

Isnovika ( 36) warga Kabupaten Sukoharjo yang saat bertamu di salah satu warga Perumahan Pesona Mungkid mengaku sempat melibat adanya percikan api di depan mobil Daihatsu Sigra miliknya, ketika ia  hendak memanasi mesin mobil tersebut.

“ Balon udara tersebut meletus di depan mobil milik saya .Saya juga sempat melihat percikan api,  ketika saya hendak menjalankan mobil saya tersebut,”kata Isnovika.

Ia menambahkan, dirinya bersama kerabatnya di perumahan tersebut rencananya akan menggunakan mobil Daihatsu Sigra berplat nomor AD 1325 JS,untuk keperluan nyekar di TPU Girilaya Magelang.

Menurutnya, mobil berwarna hitam miliknya tersebut mengalami kerusakan pada kaca depan yang retak-retak, bamper depan rusak. Blok rem bawah  lepas semua dan  lampu kiri depan pecah. W. Cahyono