blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat ketika hadir dalam peresmian KC Panin Bank. Foto : SB/dok Diskominfo

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengingatkan warga agar tidak terjebak dalam spekulasi kegiatan simpan pinjam pada perseorangan atau lembaga yang tidak jelas badan hukumnya.

“Terutama, lembaga penyedia pinjaman via online yang akhir-akhir ini marak disebut pinjol, sangat membahayakan. Sudah banyak warga yang jadi korban dan dirugikan dengan program pinjol,” sebutnya.

Pinjol ilegal, sambung Afif, membuat masyarakat dibebankan dengan sistem waktu angsuran yang begitu cepat dan kebanyakan tidak sesuai waktu kesepakatan awal dengan bunga yang cukup tinggi.

Dalam acara peresmian gedung baru Bank Panin Kantor Cabang Pembantu (KCP) Wonosobo, Afif mewanti-wanti masyarakat perihal tersebut, mengingat situasi perekonomian pascapandemi Covid-19, dinilai mulai menggeliat dan berpotensi mendorong warga untuk berusaha.

Ekonomi Daerah

blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat. Foto : SB/dok

“Saya nitip pesan, karena ini terus terang banyak masyarakat yang terjebak pada spekulasi kegiatan simpan pinjam. Hutang kemarin hari ini sudah ditagih. Setiap hari harus mengangsur. Baru tanda tangan kemarin hari ini harus sudah setor. Dalam satu bulan bungan sudah berbeda,” ungkapnya.

Sektor perbankan, diakui Afif, memiliki peran strategis dalam upaya kontribusi memajukan perekonomian lokal, karena adanya bank bisa menjadi salah satu solusi strategis tumbuh kembang perekonomian yang kuat dan memiliki daya saing di tengah persaingan global saat ini.

Pemkab Wonosobo, dikatakan Afif, mengapresiasi kehadiran Kantor Cabang Bank Panin di Wonosobo, mengingat hal itu sekaligus menjadi indikator semakin membaiknya pertumbuhan perekonomian di daerah yang berhawa sejuk ini.

“Kami berharap, hadirnya bank skala nasional di Wonosobo akan mampu menguatkan layanan keuangan untuk masyarakat setempat, mewarnai agar semakin kuat setelah hampir dua tahun ini prihatin karena pandemi Covid-19,” tandasnya.

Dengan beragam produk layanan keuangan, Bank Panin diyakini Bupati, mampu tumbuh dan berkembang dan turut dalam menanggulangi situasi perekonomian daerah. Pelaku usaha dan dunia perbankan diharapkan bisa ikut menggerakkan ekonomi daerah paska pandemi global Covid-19.

Muharno Zarka