blank
Penandatanganan prasasti gedung Mapolsek Bawen Polres Semarang oleh Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH, SIK, MSi mantan Kapolsek Bawen era tahun 1991. Foto : Dok Humas Polres Semarang

UNGARAN (SUARABARU.ID) – Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH, SIK, MSi, mantan Kapolsek Bawen era tahun 1991, menghadiri acara peresmian renovasi gedung Mapolsek Bawen, Kabupaten Semarang sekaligus temu kangen dengan mantan anggota yang dulu bertugas bersama pada Sabtu (13/11/2021).

Acara tersebut merupakan nostalgia Kapolda Riau, saat bertugas menjabat sebagai Kapolsek Bawen Polres Semarang bersama anggotanya dan bersama anggota Satreskrim Polres Salatiga. Menurut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Mapolsek Bawen turut andil dalam meraih bintang dua sehingga banyak kenangannya.

blank
AKBP Yovan Fatika H.A.,S.I.K.,M.H Kapolres Semarang mendampingi Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH, SIK, MSi dalam kunjungan temu kangen di Mapolsek Bawen Polres Semarang, Sabtu (13/11/2021). Foto: Dok Humas Polres Semarang

“Terhitung, sudah 30 tahun saya meninggalkan Polsek Bawen. Dari Mapolsek ini, saya mendapatkan pembelajaran dan pengalaman hingga penghargaan,” ujar Kapolda Riau

Rencananya, disampaikan pula oleh jenderal bintang dua ini, sejarah jenjang karier kepolisian itu nantinya akan dituliskan dalam sebuah buku autobiografi, mulai dari Mapolsek Bawen hingga perjalanan dari generasi generasi dalam melaksanakan tugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Bawen.

Kapolda Riau mengakui, banyak hal yang diperoleh dari Polsek Bawen, mulai dari belajar Informasi Teknologi (IT) dengan mengoperasikan komputer sampai bisa untuk pelayanan SKCK dengan komputer kala itu, hingga mendapatkan penghargaan dari pemerintah Amerika Serikat.

Harapannya, dengan silaturahmi dan temu kangen dapat menambah ikatan batin dengan rekan-rekan yang mayoritas telah pensiun.

blank
AKBP Yovan Fatika H.A.,S.I.K.,M.H Kapolres Semarang mendampingi Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH, SIK, MSi dalam kunjungan temu kangen di Mapolsek Bawen Polres Semarang, Sabtu (13/11/2021). Foto: Dok Humas Polres Semarang

“Kami ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan atas semangatnya bahkan yang sudah membawa tongkat juga masih mau mengikuti silaturahmi kali ini dan ini luar biasa,” ucap Irjen Agung Setya Imam Effendi.

Dikatakan, pihaknya juga mewariskan nilai-nilai kemanfaatan Kepolisian Republik Indonesia, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Saya berharap perubahan dalam masyarakat untuk segera beradaptasi dan melanjutkan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat,” lanjutnya

AKBP Yovan Fatika H.A.,S.I.K.,M.H Kapolres Semarang, dalam sambutannya menyampaikan, meski pihaknya baru 50 hari menjabat sebagai Kapolres Semarang, ia merasa merinding melihat suasana yang penuh keguyupan ini.

Menurutnya, jarang ditemui eks pemimpim bisa mengumpulkan eks anggotanya, hingga mencapai seratus lebih seperti ini, jika tanpa adanya sejarah manis.  “Salam hormat dari Pak Kapolda Jateng, saya baru 50 hari menjabat merasakan suasana guyup seperti ini saya merasa merinding,” ungkapnya.

Fisik Mapolsek Bawen ini, lanjutnya, diharapkan menjadi prototype bagi Mapolsek lainnya. Dengan gedung yang bersih dan megah, diharapkan dapat menciptakan kenyamanan dengan kelengkapan fasilitas, diimbangi SDM yang bisa diandalkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Absa