Ilustrasi penumpang membeli tiket di Stasiun Tawang Semarang. Foto: doc/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Program KAI (Kereta Api Indonesia) dengan tema Pahlawan Kemanusiaan pada Hari Pahlawan 10 November, penerima voucher unregister gratis ditambahkan profesi dosen, dokter, analis laboratorium dan analis radiologi.

Penambahan penerima voucher ini mulai berlaku 13 November 2021 setelah sebelumnya voucher gratis ini diperuntukkan kepada tenaga kesehatan, guru, dan veteran. KAI menyediakan 11.000 voucher tiket KA Jarak Jauh yang dapat digunakan untuk periode keberangkatan 8 – 30 November 2021.

Kuota voucher yang disediakan Daop 4 Semarang untuk kelas Eksekutif 185 dan kelas Ekonomi 600 voucher dan hanya dapat dilayani di Stasiun Semarang Tawang, serta berlaku untuk KA keberangkatan dari Stasiun Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri, Ngrombo, Randublatung dan Cepu.

EVP Daop 4 Semarang, Wisnu Pramudyo, saat dimintai keterangan, Sabtu (13/11/2021) siang, mengatakan, program ini merupakan bentuk penghargaan KAI kepada para pahlawan kemanusiaan yang telah berjuang dan berbakti dengan wujud nyata kepada masyarakat, bangsa dan negara.

KAI mengucapkan terima kasih kepada para dosen dan guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa di dunia pendidikan, para dokter dan tenaga kesehatan baik klinik, puskesmas dan rumah sakit yang telah melayani masyarakat tanpa rasa lelah di masa pandemi saat ini, serta para veteran yang telah berjasa demi kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Adapun syarat dan ketentuan bagi para dosen, dokter, hingga para analis untuk bisa menerima voucher ini adalah dengan menunjukkan bukti identitas asli dan menyerahkan fotokopi bukti identitas atau surat keterangan yang menyatakan profesi atau surat keterangan lainnya yang menyatakan profesi kerjanya.

Khusus profesi dosen, dokter, analis laboratorium dan analis radiologi untuk pelayanan pembagian voucher mulai tanggal 13 – 29 November 2021 pukul 08.00 – 16.00 wib dan dapat ditukarkan tiket kereta api keberangkatan tanggal 13 – 30 November 2021. Ketentuan ini berlaku efektif mulai 13 November 2021.

Voucher yang tersedia untuk kereta kelas eksekutif dan ekonomi dapat digunakan secara gratis ke berbagai tujuan pada periode 8 – 30 November 2021 dengan menukarkan voucher tersebut. Terdapat KA dari dan menuju Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota-kota lainnya. Jumlah voucher yang disediakan di tiap KA per tanggal terbatas.

Melalui program ini, KAI hanya menggratiskan tiket KA-nya saja melalui voucher yang diberikan. Adapun untuk biaya Rapid Test Antigen sebesar Rp45.000 jika dilakukan di stasiun, menjadi tanggung jawab pengguna voucher.

Wisnu menjelaskan, pelanggan KA Jarak jauh tetap harus menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen maksimal 1×24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Pemesanan tiket kereta api harus memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom nomor identitas. Penggunaan NIK ini berlaku bagi pelanggan dewasa ataupun anak-anak untuk memvalidasi status vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19 calon pelanggan.

Voucher gratis bagi para dosen, dokter, dan analis ini kami berikan untuk para Pahlawan Kemanusiaan sebagai penghormatan terbesar KAI kepada mereka yang sudah melayani sepenuh hati,” tutup Wisnu.

Hery Priyono

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here