SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Semarang (USM) Ratna Wijayanti, SE,MM , Suratman SE.,MM dan Ika Fittriana STP.,MSc dari yang didanai oleh DIKTI sesuai Tahun pelaksanaan yaitu pada tahun 2021 menggelar pelatihan Peningkatan Manajemen Usaha dan Diversifikasi Produk Usaha Rumahan Jajanan Tradisional Desa Bintoro Kabupaten Demak baru-baru ini.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu pengembangan manajemen usaha jajanan yang dimiliki oleh Ibu Sukesi yang beridiri sejak tahun 1984.

“Kegiatan pelatihan ini sebagai upaya pencapaian peningkatan omzet, peningkatan kuantitas dan kualitas produk, ada tiga aspek yang menjadi fokus kegiatan PKM Dikti ini, yaitu penyelesaian solusi kepada mitra dari aspek produksi, aspek keuangan dan aspek pemasaran” ungkap Ratna Wijayanti.

“Pada aspek produksi telah dilaksanakan kegiatan pemberian fasilitasi mesin pengaduk adonan, fasilitasi mesin pembuat produk frozen food, workshop penggunaan fasilitasi mesin, dan penyuluhan pentingnya higienitas dalam produksi makanan” tambahnya.

Ratna menambahkan bahwa tim juga melakukakn elatihan dan workshop pembuatan variasi produk serta packaging yang menarik untuk produk, workshop pembuatan diversifikasi produk (frozen food), serta pelatihan pemasaran online.

Pada solusi aspek keuangan Tim PKM USM juga memberikan pelatihan pembukuan sederhana dan pengelolaan keuangan untuk dan pelatihan penentuan harga jual produk.

Saiful Hadi – USM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here