blank
Pemakai sepeda listrik berfoto bersama di depan Candi Pawon, Borobudur, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Objek Wisata Borobudur, Kabupaten Magelang kini dilengkapi persewaan sepeda listrik. Launching sepeda bahagia dilakukan di tourist information centre (TIC) hari ini, Minggu (19/9).

Salah satu pengelola, Arif Setiyawan, menuturkan, ada dua jenis sepeda, yakni sepeda electric yang dilengkapi tempat duduk dan skuter yang dikendarai dengan berdiri. Biaya sewa sepeda dengan tempat duduk sebesar Rp 15 ribu/15 menit, sedangkan skuter Rp 10 ribu/15 menit. Rutenya di Desa Wisata Borobudur dan dilewatkan beberapa lokasi UMKM, maupun kerajinan tangan.

“Salah satunya untuk mendukung Desa Wisata Borobudur,” katanya.

Pria yang selama ini bergerak di jasa wisata dan penggerak desa wisata itu menambahkan, disediakannya sarana tersebut juga untuk pemberdayaan¬†masyarakat, khususnya warga Borobudur. Dia membuka peluang warga Borobudur yang akan menjadi anggota. “Bisa setor tunai uang, unit juga boleh. Maksimal lima unit per orang,” tuturnya.

Sepeda yang digerakkan dengan
batery itu akan dioperasikan siang dan malam. “Malam untuk menghidupkan Borobudur,” imbuhnya.

Kabid Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata, Dinas Periwisata, Pemuda dan Olahraga,
Gunawan Andy Prihananto, mengapresiasi keberadaan sepeda listrik di Kawasan Borobudur. Meski di tengah pandemi memang harus selalu adaptasi, kolaborasi dan inovasi. Dengan adanya sepeda listrik diharapkan bisa menghidupkan kawasan Borobudur.

Dengan wisata bersepeda listrik itu tetap menjaga jarak, tapi bisa¬† eksplorasi sampai jalan-jalan desa di Borobudur. “Diharapkan bisa berkembang dengan baik,” katanya.

Dia juga menyambut baik jalur sepeda listrik dimasukkan ke desa. Dengan demikian potensi UMKM yang ada di kawasan Borobudur bisa ikut hidup. Semoga dengan keberadaan sarana itu akan menambah tenaga kerja. “Sehingga
menciptakan tenaga kerja baru untuk mendapatkan hasil,” harapnya.

Ditekankan, kesan adaptasi, kolaborasi dan inovasi harus tetap jalan. Protokol kesehatan juga harus tetap jalan. Kalau prokes ditegakkan, keberadaan pariwisata bisa dikunjungi dengan
aman dan nyaman. “Saat berkunjung ke Magelang sudah aman,” tandasnya.

Ujicoba wisata bersepeda listrik hari ini menyusuri jalan di wilayah Desa Borobudur. Mampir di Batik Borobudur Dusun Ngaran 1, ke
Pelukis Sarwoko pemilik Galeri Seni Banyu Bening Dusun Ngaran 1, lalu mampir produksi payung Jejeg Art di Ngaran 2. Selanjutnya ke Agrowisata Kebun Kelengkeng Gejagan Borobudur, juga mampir Basiyo Waroeng Handy Craft.

Penyewa akan ditawarkan ingin ke UMKM mana. Atau ke kuliner.

Eko Priyono