tembakau
Bupati Al Khadziq saat meninjau jual beli tembakau di gudang milik PT Gudang Garam di wilayah Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Foto: Yon

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID)-Perwakilan PT Gudang Garam di Temanggung akan membeli 10.0000 ton tembakau dari petani tembakau Temanggung.

“Untuk target pembelian kita akan membeli lebih 10 ribu ton dan mungkin akan lebih tergantung pada kondisi. Mudah-mudahan nanti bisa lebih, tergantung perusahaan,” kata Perwakilan Pabrik Rokok PT Gudang Garam Temanggung, Hartanto, saat menerima kunjungan Bupati Temanggung M Al Khadziq.

Hartanto mengatakan,s aat ini harga beli tembakau dari para petani mencapai Rp 62.500 per kilogram.

Ia berharap, cuaca  tetap cerah  hingga akhir panen, agar  proses pengeringan tembakau juga baik. Sehingga, harga tembakau juga bisa baik.

Bupati Temanggung, M Al Khadziq mengatakan,  kualitas tembakau asli Temanggung di musim ini semakin bagus karena didukung cuaca yang baik.

Untuk itu, ia meminta perwakilan pabrik rokok yang ada di Temanggung membeli tembakau asal petani Temanggung  dengan harga yang tinggi.

“Harga pembelian  tembakau dari para petani dan pedagang masih rendah. Dan, sudah  saya sampaikan permintaan para petani dan pedagang ke perwakilan pabrik rokok  agar harga beli bisa dinaikkan lagi,” kata Khadziq.

Menurutnya, volume produksi tembakau asli Temanggung tahun ini  mencapau sekitar 14 ribu ton.  Untuk itu, ia meminta agarperwakilan pabrik agar menyerap tembakau Temanggung sampai habis di akhir musim nanti.

Khadziq  mengatakan, agar semua tembakau  dari petani dapat terserap oleh pabrikan, parapetani diminta untuk menjaga kualitas.

Yakni dengan  menggarap tembakau  sebaik-baiknya  dengan mempertahankan kemurnian tembakau asli Temanggung sesuai yang diminta kalangan
pabrikan.

“Saya minta petani menjaga kemurnian tembakau Temanggung yang terkenal dengan tembakau  terbaik se-dunia. Tembakau yang akan dijual jangan dioplos dengan tembakau dari luar Temanggung,” harapnya. Yon