blank
Ketua Siwo Jateng, Erwin Ardian (kiri), di sela-sela latihan biliar, salah satu cabor yang kemungkinan akan diikutinya. Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, akhirnya memutuskan pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) digelar pada 2022 mendatang, di Jawa Timur.

Hal itu tertuang dalam surat Nomor 1179/PWI-P/LXXV/2021 tertanggal 18 Mei 2021, yang ditandatangani Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari dan Sekjen Mirza Zulhadi, yang ditujukan kepada seluruh Ketua PWI.

Keputusan ini juga merupakan hasil rapat bersama antara PWI Pusat dengan PWI se-Indonesia yang dilakukan pada 4 Mei 2021, sebagai respons atas hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga Nasional (Siwo) PWI se-Indonesia, yang digelar pada 24-26 Maret 2021, di Jakarta.

BACA JUGA: Polresta Banyumas Tangkap Mantan ART Curi Perhiasan Senilai Rp25 juta

Pada rakernas itu, peserta rapat menyepakati jika pelaksanaan Porwanas digeser pada 2022, dari sebelumnya direncanakan pada tahun ini. Hal itu sesuai dengan permintaan Gubernur Jatim melalui Siwo PWI Jatim, mengingat kasus positif covid-19 mesih tinggi.

”Covid-19 membuat Porwanas tidak bisa dilaksanakan pada 2021,” kata Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari, dalam keterangannya belum lama ini.

Selain itu, ditambah fakta tidak ada daerah lain yang siap menjadi tuan rumah pada tahun ini. Pemprov DKI yang sebelumnya menyatakan kesediaan menjadi tuan rumah pengganti, juga mundur, karena melonjaknya kasus positif covid-19 di Ibukota dalam beberapa waktu terakhir.

BACA JUGA: Pakar Sebut BPJS Perlu Segera Audit Forensik Digital Terkait Kebocoran Data

Sementara itu, Ketua Siwo PWI Jateng, Erwin Ardian merespons positif atas keputusan yang menetapkan Porwanas digelar pada 2022 di Jatim. ”Siwo Jateng menanggapi positif keputusan PWI Pusat, terkait pelaksanaan Porwanas pada 2022. Kondisi saat ini memang belum memungkinkan untuk digelarnya event dengan jumlah peserta yang besar,” terang Erwin.

Hal positif yang dapat dipetik, Siwo Jateng memiliki tambahan waktu untuk mempersiapkan diri. Pihaknya berharap, Jateng dapat memperbaiki catatan prestasi yang diraih dalam Porwanas sebelumnya di Bandung, Jabar. Dijelaskan dia, sejauh ini sejumlah cabor telah melaksanakan latihan rutin untuk persiapan Porwanas.

”Beberapa cabang telah membuat program latihan secara mandiri. Kami berharap semangat ini mampu dipertahankan, agar mampu meraih prestasi maksimal di Jatim tahun depan,” urai dia.

Ada pun sejumlah cabor yang diunggulkan meraih prestasi pada Porwanas 2022 di antaranya bulutangkis, futsal, catur, sepak bola, biliar, bridge, dan atletik.

Sigit PR-Riyan