blank
Ganjar menngecek kesiapan Pospam Penyekatan di Kabupaten Pati, Rabu (12/5/2021). Dia juga mengingatkan untuk tidak melakukan takbir keliling. Foto: dok/ist

PATI (SUARABARU.ID)– Jalur Pantura Semarang-Pati terpantau lengang hingga Rabu (12/5/2021) siang. Melihat kondisi itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kepada petugas jaga di tiap pos penyekatan, untuk mewaspadai mobilitas masyarakat pada sore hingga malam hari.

”Saya melihat sepanjang Semarang, Demak, Kudus, Pati lengang. Kemungkinan nanti menjelang buka puasa masyarakat akan berkeliling, karena ini buka puasa terakhir. Mungkin orang akan belanja, jalan-jalan, atau mungkin takbiran,” katanya, saat ditemui usai mengecek Pos Penyekatan Kudus-Pati, di depan Pabrik Dua Kelinci, Pati.

Terkait malam takbiran, Ganjar mengimbau kepada masyarakat agar melakukan takbiran di rumah, mushala, dan masjid saja. Tidak perlu melakukan takbiran keliling.

BACA JUGA: Klaster Shalat Tarawih di Desa Sidokerto Jadi Pelajaran

”Kalau ada takbiran masuk ke jalan langsung suruh pulang. Takbirannya di rumah saja, di mushala, dan masjid. Kalau perlu takbiran di masjid terus semua tetangga ikut bersautan. Kalau itu bisa di rumah semuanya, maka akan baik dan ini perlu dijaga,” imbuhnya.

Selain mengatur mobilitas kendaraan dari luar kota dan pengamanan pada malam takbiran, petugas di pos penyekatan juga diminta untuk terus mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan.

Pantauan juga dilakukan di pos pengamanan dan penyekatan Semarang-Demak, tepatnya di sisi Timur Simpang Genuk. Suasana di pos itu juga lengang. Berdasarkan data asumsi dari titik-titik terminal sampai Minggu lalu, ada sekitar 600 ribuan pemudik yang masuk ke Jateng. Dari jumlah itu, ada sekitar 28 orang yang dites dan positif covid-19.

Riyan-Sol