blank
Ganjar menyirami pohon yang dia tanam, di tempat yang bakal digunakan sebagai desa wisata. Foto: dok/ist

KARANGANYAR (SUARABARU.ID)– Lahan tidak produktif seluas tiga hektare di Dusun Bulu, Desa Salam, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, akan dikembangkan menjadi lokasi desa wisata.

Tahap awal pengembangan ini dimulai, dengan penanaman sekitar 1.000 pohon di lahan itu. Penanaman pohon bersama masyarakat dipimpin langsung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Sabtu (13/3/2021).

Kepala Desa Salam, Sutardi mengatakan, total lahan tidak produktif di Desa Salam mencapai sekitar tujuh hektare. Atas inisiai anak-anak muda dan Karang Taruna, tiga hektare di antaranya akan dikembangkan menjadi destinasi desa wisata.

BACA JUGA: Moeldoko Didesak untuk Mundur dan Minta Maaf

”Ke depan di sini akan kita bangun untuk desa wisata. Untuk itu berhubung semangat anak-anak muda ini luar biasa, maka kita support dari desa melalui BUMDes. Nanti dikelola sendiri bersama dengan anak-anak muda di sini,” katanya, saat ditemui sebelum penanaman pohon.

Dia menjelaskan, lahan kurang produktif itu dulunya hanya ditanami pohon sengon dan rumput pakan ternak. Pohon sengon itu akan ditebangi, dan diganti dengan pohon jenis lain, seperti pohon buah-buahan untuk mendukung pengembangan desa wisata.

”Pohon yang akan ditanam nanti sekitar seribuan, disesuaikan dengan kondisi. Bisa pohon buah-buahan atau tanaman keras lain, yang ditata sesuai dengan perencanaan pengembangan desa wisata. Di sekitar lahan ini, juga terdapat banyak mata air dan sumber air panas,” tambah Sutardi.

blank
Ganjar bersama warga setempat mencoba menjelajah bakal calon tempat destinasi wisata yang ada di Dusun Bulu, Desa Salam, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Foto: dok/ist