blank
Pintu Gerbang ke Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Kebemen di Jalan Merdeka No 2.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

KEBUMEN(SUARABARU.ID) – Pemkab Kebumen membuka seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama untuk jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) guna mengisi jabatan tersebut yang lowong.

Seleksi ini bersifat terbuka sehingga siapa pun yang memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri sebagai calon Sekda Kebumen.

Menurut penjelasan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, pihaknya telah membentuk Panitia Seleksi guna menyaring PNS yang punya kemampuan dan kapasitas untuk menduduki jabatan Sekda.

“Kami informasikan kepada PNS di seluruh Provinsi Jawa Tengah bahwa Pemkab Kebumen telah membuka seleksi jabatan tinggi pratama sebagai Sekda. Jadi siapa pun di sini yang memenuhi syarat boleh  mendaftarkan diri. Seluruh proses seleksi tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun,”ujar Arif Sugiyanto dalam keterangannya, Rabu (4/10).

Beberapa syarat yang diajukan yakni pendidikin paling rendah sarjana atau diploma IV. Pangkat atau Golongan Ruang minimal Pembina Tingkat I (IV/b). Memiliki pengalaman dalam bidang jabatan yang akan diduduki miminal lima tahun.

Kemudian sedang atau pernah menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (setara eselon II.b). Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik. Usia paling tinggi 58 tahun.

Sertifikat Diklatpim Tingkat II

Diutamakan yang telah mengikuti dan memiliki sertifikat Diklat Kepemimpinan Tingkat II atau Pelatihan Kepemimpinan Nasional bagi pejabat struktural atau sertifikat diklat fungsional sesuai dengan jenjang jabatannya bagi pejabat fungsional;

Tidak pernah menjalani hukuman atau sedang menjalani hukuman. Sehat rohani dan jasmani. Mengajukan surat lamaran secara tertulis dengan bermaterai Rp.10.000, dan telah menyerahkan LHKPN (bukti penyerahan laporan ke KPK) dan SPT Tahunan tahun 2022.

Berdasarkan Peraturan Menpan-RB Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah,  maka pejabat Administrator atau Jabfung Ahli Madya bisa mendaftar juga sebagai Pejabat Tinggi Pratama (Sekda). Syaratnya, Ia sedang atau pernah menduduki jabatan Administrator atau JF Ahli Madya minimal dua tahun, dan usia maksimal 56 tahun.

Pendaftaran dimulai tanggal 3 s/d 17 Oktober 2023. Kemudian Seleksi Administrasi dan Penelusuran Rekam Jejak 11–18 Oktober 2023. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi dan Penelusuran Rekam Jejak 20 Oktober 2023. Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural/Assessment 23–24 Oktober 2023

Seleksi Kompetensi penulisan makalah, presentasi dan wawancara 30 Oktober 2023. Wawancara Akhir 31 Oktober sampai 1 November 2023. Penetapan Hasil Seleksi Akhir 1 November 2023. Penyerahan hasil 3 (tiga) besar kepada PPK tanggal 2 November 2023.

Untuk lebih lengkapnya segala informasi mengenai seleksi pendaftaran jabatan pimpinan tinggi pratama untuk sekretaris daerah bisa membukanya di https://kepegawaian.kebumenkab.go.id/index.php/web/post/186/pengumuman-seleksi-terbuka-jpt-pratama-sekretaris-daerah-kabupaten-kebumen

Komper Wardopo