Dusun Tepo
Masyarakat Dusun Tepo, Desa Dlimas, Kecamatan Tegalrejo, KabupatenMagelang antusias mengambil air bersih saat bantuan air bersih datang di dusun tersebut. Foto: W. Cahyono

KOTA MUNGKID ( SUARABARU.ID)- Masyarakat Dusun Tepo, Desa Dlimas, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang antusias menerima bantuan air bersih dari Polres Magelang Kota dan Polresta Magelang.

Mereka sejak pagi telah menjejerkan ember dan tempat air lainnya untuk menampung air bersih yang didatangkan dengan menggunakan tiga unit mobil tangki air bersih dari PDAM Kota Magelang dan Kabupaten Magelang, satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Magelang dan mobil water cannon milik Polresta Magelang.

Kepala Desa Dlimas Saebani mengatakan, dengan adanya bantuan air bersih tersebut masyarakat Dusun Tepo tercukupi untuk kebutuhan air yang digunakan untuk memasak dan lainnya. Karena, di musim kemarau seperti saat ini, warga kesulitan mendapatkan air bersih.

“Di musim kemarau seperti saat ini, masyarakat Dusun Tepo kesulitan mendapatkan air bersih. Karena sumber air yang berasal dari PDAM tidak mengalir lancar dan tidak ada sumber air dari sumur,” kata Saebani, di sela-sela pemberian bantuan air bersih dari Polresta Magelang dan Polres Magelang Kota  di Dusun Tepo, Desa Dlimas, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Rabu (4/10/2023)

Saebani menambahkan, kesulitan mendapatkan air bersih di Dusun Tepo ini terjadi sejak dua bulan lalu. Untuk mendapatkan air bersih, masyarakat setempat hanya mengandalkan bantuan air bersih dari sejumlah relawan.

Sedangkan, aliran air bersih dari PDAM, mengalir tidak lancar. Bahkan, aliran air bersih tersebut tidak mengalir dalam beberapa hari.

Menurutya, bila tidak ada bantuan air bersih,  untuk mendapatkan air bersih warga harus mencari air bersih sejauh 1 kilometer, yakni di sumber air Macanan, yang ada di Dusun Macanan, Desa Banyusari, Kecamatan Tegalrejo.

Ia menambahkan, dari delapan dusun yang ada di Desa Dlimas, yang kesulitan mendapatkan air bersih hanya di Dusun Tepo. Sedangkan dusun lainnya, seperti Butuh, Mayongan, Gemoh, Pagutan, Burikan, Dlimas dan Tobanan tercukupi pasokan air bersihnya.

“Untuk Dusun Butuh, Mayongan dan Gemoh, sudah ada fasilitas pamsimas dan dusun lainnya  tercukupi air bersihnya,”katanya.

Bantuan air bersih sebanyak 23.000 liter yang disalurkan Polresta Magelang dan Wakapolres Magelang Kota, Kompol Kompol Budiyuwono Fajar Wisnugroho mengatakan, penyaluran bantuan air bersih tersebut   dalam rangka memperingati HUT ke-72 Humas Polri.

Selain itu,  untuk membantu masyarakat di Dusun Tepo yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih di musim kemarau  saat ini.

Ia  berharap, bantuan tersebut bisa membawa hal yang baik bagi masyarakat Dusun Tepo yang memerlukan bantuan air bersih di musim kemarau seperti saat ini secara berkesinambungan.

“Kami juga akan komunikasikan dengan PDAM untuk pemberian air bersih ini bisa dilakukan setiap dua hari sekali minimal dua tangki, sehingga keperluan masyarakat tercukupi,”katanya.

Budiyuwono menambahkan, kegiatan lainnya yang dilakukan Polres Magelang Kota dalam memperingati HUT ke-72 Humas Polri, yakni dengan melaksanakan donor darah dan telah dilaksanakan Selasa ( 3/10) kemarin.

W. Cahyono.