blank
Ilustrasi layanan rapid test antigen bagi calon pengguna jasa kereta api di stasiun Solo Balapan Foto: Bagus Adji

SURAKARTA(SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta membuka tempat layanan rapid test antigen di stasiun Purwosari dan Klaten.

Pembukaan lokasi tambahan sebagaimana disebut terakhir menjadikan tempat layanan rapid test antigen pada daerah operasi setempat menjadi lima lokasi dari sebelumnya tiga lokasi. Sebelumnya layanan rapid test antigen telah dilaksanakan di Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan dan Solo Balapan.

“PT KAI bekerja sama dengan penyedia jasa kesehatan, menyediakan fasilitas pelayanan rapid test dengan tariff Rp 105.000 di Stasiun Klaten dan Stasiun Purwosari, mulai 12 Januari 2021,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, Kamis (14/1)

Pelanggan,  lanjut Supriyanto, dapat memanfaatkan fasilitas layanan rapid test antigen di stasiun dengan persyaratan sudah memiliki kode booking tiket KA jarak jauh.

Pelayanan rapid test antigen di stasiun Purwosari dan Stasiun Klaten, pukul 07.00 – 17.00. Karena terbatasnya jam pelayanan rapid test di stasiun,  calon penumpang KA dihimbau  untuk melaksanakan rapid test sehari sebelum jadwal keberangkatan.

KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam perjalanan KA. Seperti mensyaratkan surat keterangan bebas covid-19, wajib memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, diare dan sesak nafas).

Selain itu, penumpang juga tidak berbicara atau pun makan selama perjalanan, serta mengimbau pelanggan memakai pakaian lengan panjang.

Pelanggan KA Jarak Jauh juga diharuskan mengenakan Face shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan stasiun tujuan.

“Penyediaan layanan rapid test di beberapa stasiun ini, merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api,” jelas Supriyanto.

Dikatakan, PT KAI tetap mengutamakan keselamatan perjalanan KA beserta penumpang dan barang yang diangkutnya. Pelanggan KA diharapkan mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19 yang sudah ditetapkan pemerintah.

Bagus Adji-wied