blank
Ketua DPC Partai Demokrat Sragen Budiono Rahmadi (kiri) umumkan partainya membuka pendaftar calon Bupati Sragen dan Wakil Bupati, mulai Sabtu (6/4). Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID)– Pengurus DPC Partai Demokrat Sragen membuka peluang bagi khalayak untuk mendaftar sebagai calon Bupati  Sragen dan Wakil Bupati.

Pengurus partai akan memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Sragen, baik kader partai maupun masyarakat umum, untuk  berkontestasi dalam Pilkada 2024.

“Kalau elektabilitasnya bagus, mestinya akan menjadi pertimbangan partai  di DPC, DPD dan DPP. Pendaftaran dibuka sampai akhir Juni 2024.,” ujar Budiono Rahmadi  Ketua DPC Partai Demokrat kepada awak media di Sragen, Sabtu (6/4/2024).

Budiono didampingi Ketua Bappilu Agus Sulistyo dan Warsiti Wakil Bendahara Partai Demokrat mengungkapkan calon yang dijaring diharapkan berkualitas, sehingga bisa ditarungkan dalam kontestasi Pilkada mendatang.

Mangga, Partai Demokrat memanggil masyarakat untuk mendaftarkan diri ke Kantor DPC Partai Demokrat Sragen  di Jl.Ade Irma Suryani Nasution, agar Pemilu semakin berkualitas,” ujarnya.

Dengan banyaknya pendaftar Bupati Sragen dan Wakil Bupati nanti diharapkan muncul calon berkualitas.

Nama pendaftar akan disetorkan ke pemangku Dapil. Sedangkan pendaftar calon Gubernur Jateng atau Wakil Gubernur bisa mendaftar ke DPD Partai Demokrat.

Pendaftar boleh dari kalangan partai, pengusaha, akademisi, profesional maupun masyarakat umum.

Sesuai ketentuan, lanjut Budiono para pendaftar yang namanya sudah tercatat akan dikirimkan lewat pengampu Dapil di Kantor DPD Partai Demokrat Jateng.

Diakui kalau Partai Demokrat Sragen yang dalam Pileg 2024 hanya mendapatkan lima kursi, sehingga belum bisa mengusung calonnya sendiri. Karena untuk bisa mencalonkan sendiri, minimal partai harus meraih 10 kursi di DPRD Sragen.

“Sehingga harus membuka komunikasi dengan partai lain. Lagi pula,  banyak partai di Sragen yang karena perolehan kursinya dibawah 10 kursi,  tidak  bisa mencalonkan sendiri. Maka antarpartai saling membutuhkan,” ujarnya.

Dia akan mengedepankan kerjasama yang basisnya realistis.

Budiono menegaskan akan mencari calon yang memiliki peluang kemenangannya tinggi.

Anind