8 Bulan Terhenti, KA Perintis Batara Kresna Dioperasikan Kembali

75
0
blank
KA Perintis Batara Kresna relasi Purwosari – Wonogiri saat melintas di rel bengkong Jalan Slamet Riyadi Solo beberapa waktu lalu. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – PT KAI Daop 6 Yogyakarta akan mendinaskan kembali KA Perintis Batara Kresna setelah sembilan bulan KA ini erhenti beroperasi. Railbus relasi Stasiun Purwosari-Stasiun Wonogiri sesuai rencana akan beroperasi mulai , 1 Januari 2021.

“Mulai 1 Januari 2021, KA Perintis Batara Kresna kembali dijalankan untuk melayani masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi kerta api dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Wonogiri (PP) .

Railbus ini salah satu sarana transportasi alternatif untuk warga dan diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat“ kata Manajer Humas PT KAI Daop   6 Yogyakarta Supriyanto dalam keterangan pers yang diterima di Solo, Kamis (31/12).

Pengoperasian kembali Railbus Batara Kresna, lanjut Supriyanto, dilakukan setelah PT KAI kembali mendapatkan penugasan dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Ditjenka) Kementerian Perhubungan untuk menyelenggaraan angkutan KA Perintis .

KA Batara Kresna akan beroperasi sebanyak empat kali perjalanan dalam sehari. Jadwal keberangkatan relasi Stasiun Purwosari – Stasiun Wonogiri yakni pukul 06.00 WIB dan 10.00 WIB. Sedangkan relasi Stasiun Wonogiri-Stasiun Purwosari dengan jadwal keberangkatan pukul 08.00 WIB dan 12.00 WIB.

Selama perjalanan  rangkaian kereta api akan berhenti di stasiun Solokota, Sukoharjo dan Pasar Nguter untuk melayani naik / turun penumpang. Tarif sekali perjalanan antara Stasiun Purwosari – Stasiun Wonogiri cukup terjangkau sebanyak Rp 4.000 per penumpang.

Selama masa pandemi Covid-19, KAI konsisten mengedepankan protokol kesehatan saat melayani pelanggan. Yakni pelanggan harus dalam kondisi sehat, mengenakan masker selama perjalanan, diimbau mengenakan jaket/pakaian lengan panjang, serta dilakukan pengukuran suhu tubuh saat proses boarding.

Selama perjalanan, penumpang harus selalu menjaga jarak . “KAI  hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia,” terang  Supriyanto.

Dikatakan, KA Batara Kresna berhenti beroperasi mulai awal Maret 2020 karena Pandemi Covid 19 dan kembali berdinas awal tahun baru 2021.

Bagus Adji-trs