blank
Prasetyo Aribowo (kiri) saat membubuhkan tanda tangannya, usai dilantik Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kanan), pada Kamis (3/12/2020). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik Prasetyo Aribowo, sebagai Penjabat Sekda Pemerintah Provinsi Jateng, di Lantai 2 Kantor Gubernur, Grhadika Bakti Praja, Semarang, Kamis (3/12/2020).

Sebelumnya, Prasetyo Aribowo menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Jateng, mengisi kekosongan jabatan dari pejabat lama yang memasuki masa pensiun, Herru Setiadhie.

”Saya kini sudah dilantik secara resmi sebagai Penjabat Sekda Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya, saya hanya sebagai Pelaksana Harian (Plh), yang hanya bersifat administratif saja. Sekarang kewenangannya sama dengan pejabat Sekda,” kata Prasetyo dalam keterangannya usai pelantikan kepada SUARABARU.ID, Kamis (3/12/2020).

BACA JUGA : Empat Orang Hari Ini Dimakamkan Standar Covid, di Antaranya Staf Senior Satpol PP

Ditambahkannya, dia sekarang juga masih merangkap jabatan sebagai Kepala Bappeda Provinsi Jateng. Dengan jabatan barunya ini, sederet tugas telah menantinya untuk ditangani sesegera mungkin. Hal ini terkait dengan penanganan pandemi covid-19.

”Gubernur tadi menyampaikan, agar segera melakukan koordinasi untuk kesiapan dan pelaksanaan isolasi terpusat. Beberapa tempat telah dipilih, seperti di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Srondol, Semarang, dan Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali,” ujar dia.

Di dua tempat itu, lanjut Prasetyo, untuk menampung pasien covid-19 yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Selain itu juga, mempercepat koordinasi dengan Kabupaten/Kota, untuk mencegah kerumunan yang bisa berpotensi menjadi klaster baru, khususnya menjelang Pilkada, Natal dan tahun Baru.

Tes Wawancara
”Kami juga diminta untuk mempercepat penyerapan APBD Jateng, di akhir tahun,” tukas Prasetyo.

Sementara itu, tiga orang pejabat Eselon II peserta Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Sekda Jateng, telah lolos Uji Gagasan Tertulis, yang dilaksanakan panitia seleksi.

Oleh karenanya, ketiga orang itu, Mohamad Arief Irwanto, Sujarwanto Dwiatmoko, dan Sumarno, berhak mengikuti tahap akhir seleksi, yakni wawancara dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Ada pun untuk jadwal dan tempat seleksi berikutnya yaitu wawancara langsung dengan Gubernur Jateng, dari panitia seleksi masih belum memberikan informasi lebih lanjut. Namun kemungkinan besar hal itu akan dilakukan dalam waktu dekat.

Riyan-Sol