blank
Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo memberikan penghargaan pada nakes yang telah berjuang melawan virus Corona. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Di Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 tahun 2020 Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para tenaga kesehatan (Nakes) yang telah menangani pasien Covid-19 dengan baik.

“Para Nakes telah berjuang di garda terdepan, tak kenal lelah dalam upaya penanggulangan dan penanganan pasien Covid-19. Mereka semua merupakan pahlawan kesehatan. Karena bertaruh jiwa dan raga,” sebutnya, Rabu (18/11).

Walau di sisi lain Agus juga merasa prihatin dengan adanya petugas kesehatan yang gugur dalam perjuangannya di masa pandemi global Covid-19 ini. Hal itu disampaikan saat membuka acara Webinar “Menyehatkan Masyarakat” yang digelar di Pendopo Bupati Wonosobo belakang.

“Terima kasih atas kerja keras semua. Tenaga kesehatan, dokter, perawat, bidan dan tenaga medis lainnya, yang tidak kenal lelah. Tak kenal waktu dengan bertaruh raga, jiwa dan nyawa pula,” ucapnya.

Wabup mengingatkan setidaknya sudah 9 bulan pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Bencanavkesehatan ini, memberikan dampak yang sangat besar, pada bidang kesehatan, pendidikan, sosial dan ekonomi, serta bidang lainnya.

“Angka kasus positif masih terus beranjak naik, begitu juga di Wonosobo. Saya menghimbau agar semua disiplin patuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan selalu menerapkan 3 M dalam menjalani kehidupan sehari hari,” pintanya.

Karena menurutnya, ini bukan pribadi, namun merupakan tugas tanggung jawab bersama, yang harus dilaksanakan dengan tekad dan semangat yang kuat melawan wabah virus Corona ini.

“Saya yakin, dengan tekad yang besar, kerja sama di semua lini, dan peran aktif masyarakat, pandemi Covid-19 akan dapat ditaklukkan,” tegas mantan Kepala Dinas Sosial, Dinas Pertanian Wonosobo itu.

Terus Berjuang

blank
Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo. Foto : SB/Muharno Zarka

Mengenai penanganan dan pencegahan persebaran Covid-19, Agus menegaskan, pemerintah dan Nakes di Wonosobo, akan terus bekerja keras untuk memerangi Covid-19.

Deteksi massal masih terus dilakukan, dengan harapan dapat menghentikan dan memutus mata rantai penularan virus Covid-19 di masyarakat.

Namun pihaknya juga meminta kepada seluruh masyarakat agar turut andil dan berpartisipasi untuk selalu menjaga kesehatan diri dan keluarga masing-masing serta tidak abai dengan adanya virus Corona

Warga harus tetap mengikuti anjuran, hibauan dan aturan protokol yang telah ditentukan oleh pemerintah, demi menyelamatkan bangsa ini dari pandemi ini.

Melalui momentum HKN ini, Wabup mengajak seluruh komponen masyarakat, untuk merapatkan kembali barisan, memupuk lagi semangat yang mungkin sudah mulai kendor.

Agus mengajak warga untuk terus berjuang, dengan memperkuat persatuan dan kesatuan, serta kerjasama yang semakin solid, dalam upaya memerangi Covid-19 di Wonosobo.

“Saya menghimbau Kepada Camat dan jajaran Forkopimcam sampaikan kepada para Kades dan Lurah. Lurah dan Kades sampaikan kepada Kadus, Kadus sampaikan ke semiua RW/RT,” perintahnya.

Selanjutnya, kata Agus, Ketua RW/Ketua RT sampaikan kepada masyarakat tercinta untuk sepenuhnya disiplin berpola hidup sehat serta disiplin dengan penerapan 3 M sebagai wujud andil dan partisipasi dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Wonosobo ini.

Muharno Zarka-Wahyu