blank
Komisioner KPU Provinsi Jawa Tengah, Ikhwanudin saat melakukan monitoring melalui wawancara dengan salah satu PPDP asal Penawangan. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID)- Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Kecamatan Penawangan ditinjau langsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah. Pelaksanaan tersebut berbarengan dengan monitoring dan evaluasi yang dipusatkan di Kecamatan Penawangan, Selasa (11/8/2020).

Komisioner Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Jawa Tengah, Ikhwanudin datang dan langsung mewawancarai satu per satu PPDP. Ikut mendampingi, anggota Komisioner KPU Grobogan, Agung Sutopo, M.Machruz dan Suwiknyo.

Dalam kesempatan itu, Ikhwanudin banyak menanyakan kepada para PPDP dari setiap desa di Penawangan. Salah satunya Prasetyo. Prasetyo tampak tenang ketika diberikan pertanyaan terkait tugasnya tersebut. Menurut dia, selama menjalankan tugasnya sebagai PPDP tidak menemukan kesulitan yang berarti.

“Kalau ada kendala, saya langsung melakukan koordinasi kepada PPK, sehingga langsung ada solusinya,” tambah Prasetyo.

Sementara itu, Ikhwanudin mengungkapkan kegiatan monitoring dan evaluasi ini guna mengetahui sejauh mana progress PPDP yang ada di Kabupaten Grobogan. Termasuk wilayah kecamatan Penawangan.

“Hari ini kami dari KPU Provinsi Jateng melakukan monitoring dan evaluasi terkait progress PPDP di Kabupaten Grobogan, khususnya di Kecamatan Penawangan ini. Tidak ada masalah dan kendala yang berarti. Kami berharap untuk para PPDP, PPK, PPS dan KPPS tetap menjaga kesehatannya untuk pelaksanaan tahapan selanjutnya dan perlu adanya koordinasi dengan pemangku di desa-desa,” ungkap Ikhwanudin.

Sementara, Ketua KPU Agung Sutopo mengungkapkan, melalui monev tersebut dalam pelaksanaannya, para PPDP Kecamatan Penawangan tidak ditemukan kendala. Justru koordinasi antara PPDP dengan pihak terkait yang memberikan solusi jika ada masalah di lapangan.

“Namun demikian, sama yang disampaikan dari KPU Provinsi tadi agar tetap bersemangat dan menjaga kesehatannya untuk tahapan selanjutnya,” kata Agung.

blank
Dalam kesempatan itu, Ikhwanudin juga meminta para PPDP, PPK, PPS dan KPPS tetap menjaga kesehatan menuju tahapan selanjutnya. Foto : hana eswe.

Kinerja Baik

Hal yang sama diungkapkan Komisioner KPU Grobogan Divisi Data dan Informasi, M. Machruz. Pihaknya menjelaskan secara keseluruhan kinerja PPDP di Kecamatan Penawangan sangat baik walaupun dengan jumlah desa yang banyak.

“Meskipun dengan jumlah desa yang banyak tapi progressnya sangat baik yaitu 97 persen. Jadi mulai bisa fokus untuk pelaporan hasil coklit. Jika ditemukan permasalahan-permasalahan bisa diselesaikan di sisa-sisa hari ini,” kata Machruz.

Hana Eswe-trs