blank
Ketua DPC Hiswana Migas-Pati, Suma Novendi (dua dari kiri), meresmikan pendirian Pertashop Pertamina baru di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Blora. Foto: SB/Ist

BLORA (SUARABARU.ID)– Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) IV, kembali mengizinkan dan meresmikan pendirian Pertashop di Kabupaten Blora, Jumat (24/7/2020).

Usaha yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kali ini, ada di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, dinamai Pertashop BUMDes Sumber Rezeki.

Menariknya, peresmian Pertashop ini lebih meriah bila dibandingkan peresmian sebelumnya. Karena berbarengan dengan prosesi sedekah bumi (gas/sedekah desa) di desa setempat, namun tetap dengan protokol kesehatan.

BACA JUGA : Kapolres Blora Canangkan Pesantren Darul Muna Sebagai Ponpes Siaga Candi

Dijelaskan Ketua Dewan Pimpiman Cabang (DPC) Hiswana Migas Wilayah Pati, Suma Novendi, Pertashop ini merupakan sebuah SPBU mini resmi milik Pertamina, dan sebagai bentuk komitmen dalam mendukung program pemerataan energi di pedesaan.

Ada pun pembangunan Pertashop itu, lanjut Suma, dalam rangka menindaklanjuti nota kesepahahaman antara Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri dan Pertamina beberapa waktu yang lalu.

Pertashop ini menyediakan bahan bakar jenis Pertamax, BrightGas, Elpiji (LPG) dan pelumas. Semuanya produk itu harganya sesuai dengan yang ada di stasiun pengisian bahan bakar umun (SPBU).

blank
Proses pengisian BBM di Pertashop Pertamina di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Blora. Foto: SB/Ist

BBM Berkualitas
Menurut Suma Novendi, langkah ini sebagai bentuk komitmen PT Pertamina, guna melayani kebutuhan energi. Terutama BBM ke daerah atau desa yang belum terlayani oleh lembaga penyalur PT Pertamina.

”Keberadaan Pertashop ini membantu masyarakat desa, agar bisa mendapatkan dengan mudah BBM yang berkualitas,” tambah Suma.

Sedangkan Camat Kradenan Sutarso menyatakan, dengan diresmikannya Pertashop di wilayahnya, diharapkan bisa melayani kebutuhan BBM masyarakat Desa Sumber dan desa-desa sekitarnya, dengan harga yang sama seperti di SPBU.

”Semoga usaha yang didukung Pertamina di Desa Sumber ini, bisa mengembangkan usaha BUMDes di desa ini,” harap Camat Kradenan.

Tambah PAD
Untuk usaha baru ini, tambah dia, pihaknya menyampaikan apresiasinya kepada Pertamina dan Kementerian Dalam Negeri. Dia berharap, dengan adanya Pertashop bisa membantu meningkatkan perekonomian di Desa Sumber dan sekitarnya.

SEmentara itu, Kepala Desa Sumber Aris Susanto berharap, Pertashop akan bisa mengatrol Pendapatan Asli Desa (PAD). Karena Pertashop ini dikelola BUMDes Desa Sumber.

”Terima kasih kepada Pertamina, karena telah menghadirkan Pertashop di desa kami. Semoga Pertashop ini bisa lebih memajukan desa kami dan menambah PAD,” harap Aris.

Perlu diketahui, keberadaan Pertashop di Desa Sumber bisa melayani warga di empat desa, seperti Desa Menden, Kutukan, Gondel dan Temulus.

Wahono-Riyan